Polres OKU tingkatkan fungsi satuan sabhara tim walet

id AKBP Dover Christian , kapolres oku, sabhara, polisi, tim walet, polres oku, dover christian

Polres OKU tingkatkan fungsi satuan sabhara tim walet

Ilustrasi - Sejumlah Polisi Lalu Lintas Wanita tengah memberikan bunga pada pengendara bermotor pada operasi simpatik Zebra (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan meningkatkan fungsi tugas Satuan Sabhara Tim Walet mengatur dan menjaga lalu lintas di setiap persimpangan jalan dalam kota di wilayah setempat.

"Tugas Tim Walet sekarang tidak hanya melaksanakan patroli menjaga keamanan, namun juga mengatur penjagaan lalu lintas kendaraan membantu Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Dover Christian di dampingi Kasat Sabhara, AKP Sumaryono di Baturaja, Jumat.

Menurut Kapolres, Tim Walet Sabhara ditempatkan di sejumlah ruas jalan yang terdapat banyak pelajar sekolah guna memberikan pelayanan dan rasa aman bagi para siswa saat menyebarang menuju sekolahnya.

"Kalau tugas itu dibebankan pada Satlantas tidak akan maksimal terkendala jumlah personel yang terbatas. Oleh sebab itulah kita menugaskan Tim Walet membantu menyebrangkan orang tua dan pelajar khususnya siswa SD," ungkapnya.

Ia mengemukakan, peningkatan fungsi tugas itu sudah dilakukan secara rutin mulai pukul 06.30. WIB sampai 07.30 WIB saat jam kerja dan waktu pelajar berangkat ke sekolah.

Selain itu, kata dia, Tim Walet dari anggota bintara remaja juga rutin melaksanakan patroli dialogis maupun menjaga keamanan wilayah hukum Polres menggunakan sepeda motor dengan senjata lengkap laras panjang.

Hal tersebut, lanjut dia, dilakukan guna menindak para pelaku kejahatan yang beraksi di wilayah itu dan diperintahkan untuk ditindak tegas terukur jika pelakunya melakukan perlawanan.

"Upaya dilakukan Polres OKU untuk memeberikan pelayanan kepada masyarakat dan dan menciptakan suasana yang aman serta kondusif," ujarnya.