Presiden Jokowi bertemu Presiden Parlemen Uni Eropa

id jokowi, presiden, parlemen uni eropa

Presiden Jokowi bertemu Presiden Parlemen Uni Eropa

Presiden RI Joko Widodo (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Brussels (ANTARA Sumsel) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu  Pesiden Parlemen Uni Eropa Martin Schulz di Kantor Presiden  Uni Parlemen Eropa di Brussels, Kamis.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana di Brussels,mengatakan Presiden Parlemen Uni Eropa menyampaikan bahwa Indonesia merupakan mitra yang sangat penting bagi Uni Eropa.

Presiden Parlemen Uni Eropa juga mendukung kemajuan pembahasan Scoping papers dan mengharapkan negoisasi CEPA dapat segera dimulai.

Selain itu Presiden Parlemen Uni Eropa sangat menghargai peran Indonesia menjaga perdamaian dunia termasuk dalam isu Arab Saudi- Iran.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo menjelaskan mengenai perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia juga mampu mengembangkan demokrasi dan juga toleransi.

Nilai-nilai ini sangat penting untuk dikembangkan ke seluruh dunia, karena nilai-nilai tersebut penting bagi perdamaian dunia.

Atas undangan Presiden Parlemen Uni Eropa, Indonesia akan mengirimkan tokoh dialog antaragama untuk hadir dalam acara yang akan diselenggarakan Parlemen Eropa.

Presiden Joko Widodo juga mengharapkan perlakuan nondiskriminasi dapat diberlakukan bagi minyak sawit mentah atau CPO Indonesia. Presiden Jokowi mengatakan  isu sustainanility merupakan prioritas bagi Indonesia.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Parlemen Uni Eropa sepakat mengenai pentingnya peningkatan kerja sama antara parlemen Indonesia dengan Parlemen Uni Eropa.

Presiden Joko Widodo senang dengan adanya rencana pembentukan  persahabatan parlemen Indonesia dan Uni Eropa.

Presiden  Jokowi dan Presiden Parlemen Uni Eropa juga sepakat bahwa hubungan Uni Eropa dengan ASEAN juga penting untuk ditingkatkan.