Atasi kemiskinan, Pemprov Sumsel buat 'gertak'

id Ekowati Retnasingsih, bappeda, bps, penduduk miskin, gerakan terpadu mandiri, pemprov sumsel

Atasi kemiskinan, Pemprov Sumsel buat 'gertak'

Ilustrasi - Warga kurang mampu (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsl) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membuat program gerakan terpadu serentak semesta menuju rumah tangga mandiri untuk mengatasi kemiskinan.

Gerakan tersebut karena Sumsel masih banyak terdapat penduduk miskin sehingga harus ditanggulangi segera, kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Selatan Ekowati Retnasingsih di Palembang, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan data BPS pada 2015 proporsi penduduk miskin di Sumsel masih tinggi atau mencapai 13,77 persen atau berada diurutan ke-12 dari 34 provinsi.

Sedangkan dari jumlah penduduk miskin terbanyak, Sumsel berada pada urutan keenam, ujar dia.

Memang, menurut dia, sebelumnya tren penurunan tingkat kemiskinan Sumsel dalam periode 2010 hingga 2012 sudah cukup baik karena lebih rendah dari target rencana pembangunan jangka menengah daerah walaupun masih landai (14,80 persen - 13,48 persen). 

"Jadi melihat kondisi tersebut maka penduduk miskin tersebut harus ditanggulangi segera secara bersama-sama," kata dia.

Dengan masih banyaknya tingkat kemiskinan sehingga penting penanggulangan yang teroganisir dan efektif dengan membuat program gerakan terpadu serentak semesta menuju rumah tangga mandiri atau "Gertak" Sejuta Mandiri.

Menurut dia, program tersebut suatu gerakan yang terencana dan sistematis seluruh elemen masyarakat secara bersama, bersatu dan kompak.

Gerakan itu dibawah koordinasi Gubernur Sumsel yang bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan basis data terpadu agar masyarakat miskin berkurang secara signifikan dalam waktu tidak terlalu lama.

Sementara, jelas dia, tujuan khusus program tersebut untuk menyatukan kekuatan dan komitmen dari setiap elemen agar bersatu padu mempercepat penanggulangan kemiskinan.

Selain itu mengawal program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan supaya efektif dan tepat sasaran, tambah dia.