Legislator sarankan Disbudpar kembangkan budaya daerah

id disbudpar, anggota dprd sumsel, holda, irene camelyn, pariuwisata, budaya lokal, kesenian lokal

Legislator sarankan Disbudpar kembangkan budaya daerah

Ilustrasi - Salah satu kesenian dan budaya tampil pada kompetisi tari daerah Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan menyarankan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam menjalankan program harus lebih selektif dan mencerminkan budaya daerah.

Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Holda di Palembang, Rabu, terkait dengan pembahasan pengembangan pembangunan kebudayaan dan pariwisata Sumsel.

Selain itu pihaknya juga menyarankan promosi kebudayaan dan pariwisata Sumsel di anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) lebih ditingkatkan lagi.

Sementara terkait dalam hal kurangnya sumber daya manusia bidang pariwisata maka sebaiknya meminta penambahan tenaga pegawai kepada Badan Kepegawaian Daerah Sumsel.

Kemudian memberikan pendidikan dan pelatihan kebudayaan dan pariwisata, katanya.

Ia mengatakan, sementara mengenai dalam hal kekurangan anggaran untuk pembangunan daya tarik wisata yang ada di kabupaten dan kota di Sumsel maka sebaiknya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota.

Kemudian ke depan hendaknya anggaran festival Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan lebih ditingkatkan lagi, ujarnya tanpa merinci besaran anggaran dimaksud.

Anggaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel pada tahun 2015 mencapai sebesar Rp30,81 miliar dan dari jumlah itu terealisasi sebesar Rp29,47 miliar.

Dengan begitu maka sisa anggaran tahun lalu di dinas tersebut sebesar Rp1,33 miliar lebih.