Restoran wonderful Indonesia dibuka di Tiongkok

id restoran wonderful, menteri pariwisata, restoran, wponderful tioongkok, anhui

Restoran wonderful Indonesia dibuka di Tiongkok

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Restoran Wonderful Indonesia dibuka di Provinsi Anhui, Tiongkok yang menawarkan kuliner khas nusantara sebagai salah satu upaya mempromosikan wisata dan budaya Indonesia di negara tirai bambu.

Restoran Wonderful Indonesia terletak di kawasan padat penduduk Hefei diluncurkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Provinsi Anhui, Sabtu.

"Tren kuliner sebagai penunjang pariwisata semakin meningkat bahkan hampir semua stasiun televisi menempatkan kuliner sebagai salah satu program unggulan," kata Arief.

Apalagi, ia menambahkan Indonesia memiliki setidaknya 5.300 kuliner khas yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau.

Menteri menilai Tiongkok sebagai pasar yang sangat potensial bahkan tahun ini ditargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok ke Indonesia bisa mencapai 2,1 juta wisman.

"Target wisman yang berkunjung ke Indonesia pada 2016 sebesar 12 juta orang dan dari jumlah itu sekitar 5,4 juta wisman diantaranya datang untuk menikmati kuliner nusantara," katanya.

Ia menyambut baik dibukanya Restoran Wonderful Indonesia di Anhui sekaligus menjadi strategi baru untuk menjaring wisman dari Tiongkok.

Restoran yang terletak di No 311 Jinzhai Road Shushan District, Hefei, itu mengusung tema kebudayaan Indonesia sehingga didisain dengan konsep yang simpel, hangat, dan masakan selera Indonesia.

Sebelumnya, Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik Vinsensius Jemadu mengatakan membuka restoran Indonesia dengan brand Wonderful Indonesia menjadi format baru dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Kami memang mengembangkan format baru dalam mempromosikan Wonderful Indonesia satu di antaranya agar lebih permanen dan familiar, membuka Restoran Wonderful Indonesia di Hefei, Provinsi Anhui, Tiongkok dengan bekerja sama investor lokal," katanya.

Menurut dia, Provinsi Anhui merupakan segmen pasar yang sangat potensial dengan jumlah penduduk total mencapai 80 juta jiwa sementara delapan juta di antaranya bermukim di Ibukota Hefei.

Vinsen berpendapat dengan membuka restoran di kota itu akan semakin membuat branding Wonderful Indonesia dikenal dan melekat di kalangan masyarakat Hefei.

"Sekali mem-branding restoran yang namanya sudah sangat promotif, Indonesia bisa sekaligus promosi masakan khas di Tiongkok, jadi ada efek berganda," katanya.

Apalagi, kata dia, kuliner merupakan satu di antara sekian banyak produk budaya termasuk beberapa di antara kuliner khas nusantara yang bisa sangat disukai masyarakat Tiongkok.

Oleh karena itu, ia memastikan semua kuliner Indonesia yang disukai masyarakat Tiongkok akan disajikan di Wonderful Indonesia Restaurant.

"Nanti akan ada menu rendang, nasi goreng, sate, soto ayam, sop buntut, rawon, dan aneka 'seafood' rasa Indonesia. Itu sengaja kami tampilkan karena masyarakat Tiongkok menyukai rasa pedas dan gurih," kata Vinsensus.

Restoran itu merupakan hasil kerja sama dengan investor lokal Tiongkok yang berpengalaman dalam bisnis kuliner.

Ia mengatakan jika restoran di Hefei sukses membranding pariwisata Indonesia pihaknya menggandeng lebih banyak investor lokal untuk membuka puluhan restoran serupa di lokasi lain dengan brand Wonderful Indonesia.

Di Hefei, Restoran Wonderful Indonesia menempati ruang seluas 400 m2 dengan koki dua orang asal Indonesia. Restoran tersebut siap menyajikan 30 jenis masakan Indonesia.

Pada saat peluncuran restoran, perwakilan marga Chen yang berjumlah 80 juta tersebar di seluruh dunia hadir.

"Diplomasi kuliner merupakan 'soft power' paling efektif untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di Tiongkok," ujar Vinsen.