BMKG prakirakan Palembang hujan dengan intensitas ringan

id bmkg, hujan, palembang hujang, hujan ringan

BMKG prakirakan Palembang hujan dengan intensitas ringan

Ilustrasi - Kota Palembang saat diselimuti mendung dan hujan,Senin (13/1). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sumatera Selatan memprakirakan hujan dengan intensitas curah ringan berpeluang turun di Kota Palembang.

"Hari ini Ibu Kota Provinsi Sumsel itu berpeluang turun hujan ringan dengan suhu udara berkisar 24-33 derajat Celsius, kelembaban udara berkisar 55-97 persen, kecepatan angin sekitar 15 kilometer per jam dengan arah angin menuju timur," kata Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama, Sabtu.

Selain Palembang, kata dia, 11 kota lainnya di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu juga berpeluang turun hujan ringan yakni Baturaja, Muaraenim, Pali, Pangkalanbalai, Martapura, Muaradua, Indralaya, Tebingtinggi, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Prabumulih.

Kota yang berpeluang hujan ringan tersebut diprakirakan memiliki suhu udara berkisar 22-33 derajat Celsius, kelembaban udara berkisar 54-98 persen, kecepatan angin sekitar 15 km/jam dengan arah angin sebagian besar menuju timur laut.

Sementara itu, lima kota Sumsel lainnya yakni Kota Kayu Agung, Lahat, Musirawas, Musirawas Utara, dan Sekayu, diprakirakan berpeluang turun hujan dengan intensitas curah hujan sedang.

Kota yang diprakirakan hujan sedang itu memiliki suhu udara berkisar 22-33 derajat Celsius, kelembaban udara berkisar 55-98 persen, kecepatan angin sekitar 15 km/jam dengan arah angin sebagian besar menuju timur laut, kecuali Kota Kayu Agung arah angin daerah ini menuju timur, katanya.

Meihat kondisi cuaca pada April 2016 ini masih sering terdapat hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor diimbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya bencana dampak negatif musim hujan itu seperti yang terjadi di sejumlah daerah pada beberapa bulan sebelumnya.

Potensi banjir dapat terjadi di Kota Palembang, dan daerah lain di sekitar aliran sungai seperti Muaraenim, Empat Lawang, Musirawas, Lahat, Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Ogan Ilir.Sedangkan bencana tanah longsor berpotensi terjadi di bagian barat Sumatera Selatan yakni Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musirawas, Ogan Komering Ulu Selatan, serta sebagian Ogan Komering Ulu dan Muaraenim, kata Indra.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Yulizar Dinoto menjelaskan bahwa pihaknya mengimbau kepada masyarakat di sejumlah daerah yang tergolong rawan banjir dan tanah longsor tersebut untuk meningatkan kewaspadaan.

Untuk membantu masyarakat menghadapi bencana banjir, pihaknya bersama BPBD yang ada di masing-masing kabupaten/kota dalam provinsi ini terus berkoordinasi menyiapkan berbagai peralatan evakuasi dan bahan makanan.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya gangguan aktivitas serta transportasi umum jika terjadi bencana tanah longsor, pihaknya sekarang ini menyiagakan sejumlah alat berat di daerah rawan bencana itu sejak awal musim hujan November 2015 hingga sekarang ini, kata Yulizar.