Mahasiswa AKL Sumsel minta bergabung Unsri

id mahasiswa, akademi kesehatan lingkungan, pemprov sumsel, dprd, unsri, mahasiswa demo , komisi v dprd

Mahasiswa AKL Sumsel minta bergabung Unsri

Universitas Sriwijaya (Antarasumsel.com/Grafis)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekitar 100 orang lebih mahasiswa Akademi Kesehatan Lingkungan meminta DPRD Sumatera Selatan membentuk panitia khusus untuk mempercepat akademi tersebut bergabung ke Universitas Sriwijaya.

"Kami meminta DPRD Sumsel untuk segera membentuk pansus dalam menyelesaikan persoalan nasib 280 mahasiswa Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) yang semakin tidak jelas," kata Koordinator Aksi Saparyanto di Palembang, Kamis. 

Menurut dia, sejak berlakunya UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan UU no 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi menjadikan status kelembagaan AKL sebagai pendidikan tinggi kesehatan milik pemda tidak memiliki landasan hukum.

Dengan begitu berdampak terancamnya para calon alumni karena akan terjadi penolakan oleh dunia kerja secara administratif apabila ketidakjelasan status tersebut tidak segera ditanggulangi, katanya. 

Ia mengatakan solusi dari permasalahan itu telah dirumuskan oleh ombudsman RI yakni mengabungkan ke salah satu perguruan tinggi negeri di daerah, karena itu mereka melakukan aksi penuntutan penyelesaian permasalahan yang sedang terjadi.

"Kami juga menuntut dan mendesak direktur AKL Sumsel bertanggung jawab atas ketidakjelasan nasib 280 mahasiswa akibat oleh buruknya penyelenggaraan sistem dan manajemen pendidikan di kampus," ujarnya.

Kemudian menuntut dan mendesak direktur AKL Sumsel untuk segera menindaklanjuti surat pernyataan ke Menristekdikti untuk melakukan penggabungan AKL ke Unsri, katanya. 

Menanggapi itu Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel, Askweni mengatakan akan mendengar aspirasi yang akan disampaikan tersebut.

"Kami sudah mendengar apa yang menjadi keluhan dan tuntutan mahasiswa," kata Anggota Komisi V DPRD Sumsel, Rizal Kenedi.

Mereka dalam waktu dekat akan menemui Menristekdikti untuk menindaklanjuti apa yang disampaikan para mahasiswa tersebut.

"Kami Komisi V DPRD Sumsel akan berjuang untuk memenuhi apa yang menjadi harapan para mahasiswa tersebut," katanya.