Jembatan penghubung empat desa Kecamatan Lengkiti roboh

id jembatan, jembatan penghubung, kecamatan lengkiti, hujan, jembatan runtuh

Jembatan penghubung empat desa Kecamatan Lengkiti roboh

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Jembatan penghubung empat Desa di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan roboh akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu semalaman.

Jembatan Sungai Suban terletak di jalan Letda Alamla Desa Bandar Jaya Kecamatan Lengkiti, Ogan Komering Ulu (OKU) merupakan jembatan penghubung masyarakat Desa Bandar Jaya, Umpam, Karang Endah dan Desa Pajar Jaya ke tempat usaha atau kebun warga, kata Kepala Desa Bandar Jaya, Wal Adiah di Baturaja, Minggu.

Ia mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/4) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, akibat arus air Sungai Suban mengikis bagian pangkal jembatan hingga ambles ke dasar sungai.

Menurut Wal Adiah, dengan runtuhnya jembatan tersebut, 80 persen warga desanya kesulitan untuk ke kebun karena fasilitas umum itu satu-satunya akses jalan menuju Dusun Tiga Bandar Jaya.

"Jika jembatan tersebut tidak segera diperbaiki, selain akses warga empat Desa sekitar, anak-anak sekolah dari Dusun Tiba Bandar Jaya juga terisolir," katanya.

Menurut Kepala Desa yang sudah menjabat selama tiga tahun ini, berencana akan membuat jembatan darurat.

"Kami akan gotong royong membuat jembatan darurat agar anak-anak sekolah tidak terhambat," kata Wal Adiah.

Sementara itu, Camat Lengkiti, Muchlisin saat dihubungi via sambungan teleponnya, mengaku baru tahu soal jembatan Desa Bandar Jaya runtuh.

Pihaknya segera turun ke lapangan untuk mengecek kondisi jembatan tersebut untuk diupayakan segera diadakan perbaikan.