Gunung Kerinci semburkan abu vulkanik setinggi 600 meter

id gunung api, gunung kerinci, abu vulkanik, semburan vulkanik, gunung merapi

Gunung Kerinci semburkan abu vulkanik setinggi 600 meter

Ilustrasi - Erupsi Gunung Merapi (FOTO ANTARA)

Padang Aro  (ANTARA Sumsel) - Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat menyemburkan abu vulkanik berwarna ke abu-abuan setinggi 600 meter ke udara.

"Semalam terjadi semburan abu vulkanik setinggi 400 meter, tetapi yang paling tinggi pada Minggu (10/4) pukul 08.07 WIB setinggi 600 meter ke udara," kata Kepala Pos Pemantauan Gunung Kerinci, Indra yang dihubungi dari Padang, Minggu.

Dia menambahkan saat ini status Gunung Kerinci masih waspada level dua dan akibat hembusan tersebut belum ada peningkatan status.

Sedangkan aktifitas kegempaan pasca hembusan katanya, tercatat sebanyak 105 kali dengan kekuatan gempa 0,5 hingga 5 milimeter.

"Durasi kegempaan Gunung Kerinci pasacahembusan 10 hingga 25 detik dan tidak dirasakan masyarakat sekitar," ujarnya.

Ia menyebutkan abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung kerinci tidak sampai ke pemukiman warga dan hanya sekitaran puncak saja.

"Hingga saat ini hembusan abu vulkanik gunung kerinci tidak mengganggu aktifitas warga," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Sungai Padi Utara, Ardi Tono mengatakan ia melihat ada semacam percikan api di puncak Gunung Kerinci pada Sabtu malam.

"Tetapi saat ini Gunung Kerinci tidak bisa dilihat dari Solok Selatan karena kondisi cuaca yang mendung," lanjutnya.

Dia berharap aktivitas Gunung Kerinci tidak sampai meluas lagi sehingga masyarakat bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa.