Gempa guncang NTT

id gempa, bmkg, gempa ntt, ntt diguncang gempa, tsunami

Gempa guncang NTT

Ilustrasi - Gempa dan Tsunami (Foto Antarasumsel.com/BMKG)

Kupang (ANTARA Sumsel) - Wilayah Provinsi Nusa Tengara Timur (NTT) diguncang gempa tiga kali pada Sabtu pagi dan siang hari dengan intensitas relatif kecil.

"Gempa pertama terletak di Kabupaten Sikka dengan kekuatan 3,1 skala Richter (SR) pada pukul 12.19 wita," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Kupang, Hasanuddin kepada Antara di Kupang, Sabtu.

Ia menjelaskan lokasi gempa terjadi di 8.90 lintang selatan (LS) dan 122.48 bujur timur atau 46 kilometer Tenggara Kabupaten Sikka. Gempa tersebut berkedalaman 138 kilometer.

Gempa kedua lanjutnya terjadi di Kabupaten Sumba Barat Daya yang terjadi pada pukul 13.19 wita waktu setempat dengan kekuatan gempa mencapai 3,4 SR.

"Lokasi gempa berada pada 9.66 Lintang Selatan dan 118.09 Bujur Timur atau 117 kilometer Barat Daya Kabupaten Sumba Barat Daya," tutur Hasanuddin.

Berselang kurang dari satu jam, gempa kembali menguncang Kabupaten daerah Sumba Tengah dengan kekuatan gempa mencapai 3,1 SR, yang terjadi pada pukul 14:08 waktu setempat.

Lokasi gempa lanjutnya terletak di 9.38 lintang selatan dan 120.08 bujur timur atau 44 kilometer dari Timur Laut Sumba Tengah dengan kedalaman mencapai 11 kilometer.

Semakin besarnya intensitas gempa tersebut menurut Hasannuddin karena adanya pergerakan lempeng.

Gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTT, menurutnya, karena provinsi yang dikenal dengan provinsi berbasis kepulauan tersebut masuk dalam sistem tektonik Indonesia.

Wajar jika gempa dengan intensitas sedang sering terjadi di provinsi tersebut, tambahnya.