Pelaku usaha harus transformasi ke layanan digital

id pelaku usaha. layanan digital, online, layan berbasis digital, aplikasi, internet, telepon genggam

Pelaku usaha harus transformasi ke layanan digital

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus/13)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Para pelaku usaha di Tanah Air seharusnya mulai bertransformasi ke layanan berbasis digital jika ingin memenangkan persaingan dalam merebut hati konsumen.

Deputy CEO Markplus.Inc Jacky Musry di Palembang, Selasa, mengatakan saat ini telah terjadi perubahan perilaku konsumen seiring dengan kemudahan konektifitas jaringan internet sehingga para pelaku dunia usaha harus mengubah dari sisi layanan.

"Ini eranya konektivitas, artinya setiap orang demikian mudahnya orang terhubung. Jika suatu usaha masih bisa mempertahankan cara lama, tidak apa-apa. Tapi jika tidak bisa maka tidak ada pilihan lagi selain bertransformasi," kata dia.

Layanan berbasis dalam jaringan atau daring (online) saat ini sangat digemari karena menawarkan kemudahan, praktis, dan pasti.

Lantaran perubahan perilaku konsumen ini Jacky mengatakan telah menggoyahkan sejumlah usaha, seperti belum lama ini terjadi di Jakarta yakni konflik antara layanan taxi berbasis online dengan perusahaan taxi yang menggunakan metode lama.

Terkait hal ini, ia menilai peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam melahirkan sebuah regulasi yang tidak mematikan dunia usaha.

"Regulasinya seperti apa, tinggal tunggu saja, yang jelas mampu menjembataninya agar proses transformasi ini dapat berjalan dengan baik," kata dia.

Menurutnya, hal ini sangat penting mengingat Indonesia menjadi pasar terbesar di ASEAN dengan sebaran mencapai 2/3 dari total penduduk di belahan Asia Tenggara.

Jika Indonesia tidak mampu memanfaatkan peluang bisnis berbasis layanan digital ini, maka dikhawatirkan justru menjadi pasar bagi negara lain.

"Kata kuncinya satu yakni kompeten, mau usaha apapun jika tidak dapat berkompetisi saat ini maka akan tergerus karena dunia sudah melihat Indonesia sebagai pasar yang menggiurkan," kata dia seusai menjadi pembicara pada acara pemberian penghargaan Markplus.

Markplus mengapresiasi kalangan perseorangan di bidang marketing Kota Palembang yang mampu memberikan perubahan positif bagi lingkungannya.