Ogan Komering Ulu cocok budidayakan ikan gabus

id ikan gabus, budidaya ikan gabus, petani, peternak ikan, area rawa, rawa

Ogan Komering Ulu cocok budidayakan ikan gabus

Ikan gabus (ANTARA FOTO)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berpotensi jadi kawasan budidaya pembibitan ikan gabus, karena daerah setempat masih banyak terdapat area rawa sehingga cocok dengan habitat ikan air tawar tersebut.

"Sangat berpotensi jika pembibitan ikan gabus dilakukan di Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejak OKU, Hendra Setyawan di Baturaja, Senin.

Ia mengatakan telah menjalin kerja sama dengan PT Semen Baturaja wilayah setempat untuk membuat kolam pembibitan ikan gabus di atas lahan seluas dua hektare yang sudah disiapkan.

"Tahun ini kami bersama PT Semen Baturaja akan membuat kolam pembibitan ikan gabus di lokasi Batu Kuning Kelurahan Baturaja Barat," katanya.

Hendra menjelaskan, pembibitan nantinya akan dilakukan secara modern mengembangkbiakan ikan gabus mulai dari perkawinan induk hingga memisahkan anakannya.

"Pembibitan nantinya akan dilakukan dengan cara modern tidak secara tradisional lagi yang membeli atau mengambil anakan di alam bebas untuk dikembangbiakan," jelasnya.

Menurut dia, peternak ikan gabus saat ini masih banyak menggunakan cara tradisional bukan secara modern dalam pembibitan seperti yang dilakukan petani ternak di Kabupaten Ogan Ilir (OI).

"Kelompok tani akan dibentuk sekaligus memberikan pelatihan pembibitan," ungkapnya.

Sejumlah kelompok tani itu, lanjut dia, akan diberikan pelatihan oleh tenaga pendidik yang berpengalaman dan berhasil mengembangbiakan ikan gabus kolam.

"Pelatihan mendatangkan tim dari Kota Yogyakarta sekitar dua hingga tiga orang," ujarnya.