Banjir Musirawas Utara sangat parah

id banjir, banjir musi rawas

Banjir Musirawas Utara sangat parah

Banjir (FOTO ANTARA)

...Jadi bila hujan tiba maka air sungai meluap termasuk pohon yang hanyut memutuskan jembatan penghubung...
Palembang (ANTARASumsel) - Bupati Musirawas Utara Syarif Hidayat mengatakan, banjir yang melanda daerahnya pada tahun ini sangat parah dibanding tahun sebelumnya karena fasilitas penghubung antar-wilayah putus dan mengalami kerusakan.

"Banjir tahun ini cukup parah sehingga tujuh unit jembatan terputus dan lima rusak berat dan mengakibatkan beberapa desa terisolasi," kata bupati kepada wartawan di Palembang, Jumat, usai menerima bantuan dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin di antaranya 17 ton beras dan pakaian.

Dengan terputusnya jembatan penghubung antardesa sehingga masyarakat pun terpaksa menggunakan perahu. Aktifitas penyaluran hasil desa juga mengalami hambatan, kata dia.

Menurut bupati yang baru dilantik 17 Februari 2016 itu meski tidak ada korban jiwa namun mengakibatkan beberapa desa terisolasi.

Dalam banjir yang melanda kabupaten yang dimekarkan dari Musirawas tersebut tercatat 20 ribu kepala keluarga dari lima kecamatan yang terkena dampaknya.

Kecamatan yang dilanda banjir itu yakni Rupit, Rawas Ilir, Rawas Ulu, Karang Jaya, dan Karang Dapo.

Dia mengatakan, banjir yang melanda kabupaten tersebut karena meluapnya dua sungai yang melalui daerah itu yakni Sungai Rawas dan Rupit yang muaranya di kabupaten itu.

"Jadi bila hujan tiba maka air sungai meluap termasuk pohon yang hanyut memutuskan jembatan penghubung,"katanya.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga meminta agar pemerintah provinsi dapat membantu dana untuk pembuatan dan perbaikan jembatan putus akibat banjir tersebut.

Karena dana kabupaten terbatas sementara biaya yang dibutuhkan cukup besar. Apalagi jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat sehingga harus segera dibenahi, tambah bupati.