Palembang butuh mobil damkar

id kebakaran, mobil damkar, mobil pemadaman, pemkot palembang

Palembang butuh mobil damkar

Petugas pemadam kebakaran Kota Palembang berusaha melakukan pemadaman di toko penjual makanan yang terbakar di Jalan Rustam Effendi Palembang, Jumat (12/2).

Palembang (ANTARASumsel) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, membutuhkan mobil pemadam kebakaran tambahan dan pemutakhiran sarana dan prasarana untuk mengikuti perkembangan kota yang bergerak ke arah metropolitan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Palembang Edison di Palembang, Jumat, mengatakan saat ini Palembang hanya memiliki 21 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari jumlah ideal sebanyak 35 unit.

"Tak hanya sarana dan prasarana peralatan, jumlah pos siaga kebakaran yang hanya ada tujuh juga dinilai minim jika dibandingkan dengan sebaran penduduk di Kota Palembang," kata dia.

Ia mengatakan seharusnya pos siaga kebakaran terletak di tiap kecamatan sehingga penanganan bisa lebih cepat dan efektif.

"Rencananya tahun depan akan ada tambahan pos siaga kecamatan, lokasinya masih dipilih," kata dia.

Ia menerangkan sudah seharusnya juga dilakukan pemutakhiran sarana karena seluruh unit mobil damkar hanya dilengkapi selang dengan panjang 30 meter.

"Kondisi ini tidak relevan lagi mengingat di Kota Palembang sudah banyak gedung dengan tinggi 12 lantai atau membutuhkan selang dengan panjang 60 meter," kata dia.

Sementara itu, data Pemkot Palembang menunjukkan selama 2015 ada 261 kasus kebakaran sedangkan untuk 2016 hingga Maret sudah tercatat 12 kejadian kebakaran.