Jalan Desa Belatung Ogan Komering Ulu amblas

id jalan, jalan amblas, jalan Desa Belatung, wakil bupati oku, johan anuar

Jalan Desa Belatung Ogan Komering Ulu amblas

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Banu S)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Jalan Provinsi Sumatera Selatan di Desa Belatung penghubung Desa Lubuk Batang-Sukapindah Kabupaten Ogan Komering Ulu amblas hingga separuh badan jalan sehingga dikhawatirkan akan menghambat arus kendaraan yang melintas daerah itu.

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Johan Anuar, Selasa langsung meninjau lokasi karena khawatir jalan penghubung ke Baturaja tanpa alternatif itu akan macet total hingga berdampak pada aktivitas masyarakat serta angkutan barang dan jasa.

Pemeliharaan jalan ini bukan kewenangan Pemkab OKU ini, namun Johan mengkhawatirkan akan bertambah parah hingga memutus arus transportasi jika tidak secepatnya menjadi perhatian Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan untuk melakukan perbaikan.

Terlebih lagi hujan lebat terus mengguyur hampir seluruh wilayah OKU belakangan ini amat berpotensi melebarkan amblasnya jalan itu, kata Johan.

"Saya sudah minta Kadis PU Bina Marga OKU untuk segera berkoordinasi dengan UPTD PU Bina Marga Sumsel terkait langkah yang harus ditempuh, karena kasihan masyarakat jika jalan ini putus," ujarnya.

Menurut dia, alternatif satu satunya hanya melewati Batumarta menjadikan jarak lima kali lipat lebih jauh jika amblasnya bertambah, dan ini kendaraan roda empat masih bisa melintas walau harus dipandu oleh warga.

Sementara, informasi dari masyarakat setempat bahwa jalan ini amblas setelah diguyur hujan pada Senin (28/3 sore.

"Kalau melihat kondisi yang ada sekarang, sepertinya jalan ini harus dibangun box kulpert, bukan lagi gorong gorong supaya lebih aman dari hantaman air," ungkap Plando yang dibenarkan Camat Lubuk Batang, Lastian Agus.

Jalan ini amblas dengan lebar lobang menganga sekitar 1,5 meter persegi membuat badan jalan tersisa sekitar 1,5 meter.

Dampaknya, setiap kendaraan yang akan melintas harus rela antre terlebih dahulu, katanya.