Munatour tunggu kuota calon haji 2016

id munatour, biro haji, kuota haji, haji

Munatour tunggu kuota calon haji 2016

Ilustrasi - Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) menanti pembagian paspor dan gelang di Asrama Haji Palembang, Selasa (17/9). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Biro jasa haji dan umroh Munatour plus hingga saat ini masih menunggu penetapan kuota calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun 2016 ini.

"Untuk kuota calon haji plus pada 2016 hingga sekarang belum ditetapkan, jadi kita masih menunggu dari Kementerian Agama," kata Kepala Biro Munatour Perwakilan Palembang, Sumatera Selatan, Siti Hawa, Selasa.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diperoleh penetapan calon haji plus kemungkinan pada pekan ini, sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya penetapan kuota calon haji plus itu baru dilakukan sekitar April.

Namun, lanjutnya, pada tahun 2016 ini informasinya penetapan calon haji plus itu lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan sebenarnya sudah banyak para calon haji yang menanyakan mengenai keberangkatan mereka itu ke Tanah Suci, karena terkait dengan persoalan ongkos haji.

"Kita berharap, segera ditetapkan sehingga kita bisa memberikan informasi kepada calon jemaah haji yang berangkat melalui Munatour," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, daftar tunggu calon haji yang akan berangkat melalui biro jasa haji dan umroh Munatour plus bagi yang mendaftar saat ini, baru akan diberangkatkan hingga tahun 2023.

"Kalau dilihat dari sistem yang ada bila mendaftar sekarang, maka berangkatnya diperkirakan tujuh tahun lagi," tuturnya.

Saat ini jemaah calon haji yang sudah terdaftar di biro perjalanan tersebut cukup banyak, tetapi pemberangkatannya disesuaikan dengan kuota yang ditetapkan oleh pemerintah.

Karena itu, nantinya akan melihat perkembangan, kemungkinan saja bisa lebih cepat dari itu, katanya.