Indonesia-Australia luncurkan "game" edukasi

id Mendikbud, Anies Baswedan, game, permainan, game edukasi, indonesia, australia

Indonesia-Australia luncurkan "game" edukasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Indonesia dan Australia meluncurkan "game"  edukasi yang bertujuan untuk mengenal seluk beluk kedua negara khususnya untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama yang berjudul "Next Door Land".

Permainan edukasi itu diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan bersama Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop di SDN 02 Menteng, Jakarta, Senin.

"Pagi ini, kami sama-sama meluncurkan permainan anak-anak yang bertujuan untuk mengenalkan anak-anak Indonesia tentang Australia, begitu juga sebaliknya," ujar Mendikbud Anies Baswedan.

Permainan edukasi tersebut akan membawa pemain berpetualang secara virtual ke Australia atau Indonesia. Sepanjang perjalanan, pemain akan melewati petualangan-petualangan kecil dengan beragam tema, membaca komik animasi dan mendapatkan rangkaian informasi menarik.

"Aplikasi ini mengajarkan pemain berbagai hal seperti sejarah,  musik, olahraga, arsitektur, dan mitologi kedua negara."
Para siswa dapat menjelajah lalu lintas Jakarta, berlomba mencapai puncak Jembatan Sidney Harbour, belajar bermain gamelan, berselancar di Perth,  memasak masakan Indonesia, dan lainnya.

Permainan itu juga mengajarkan untuk memperkuat hubungan antarwarga Indonesia dan Australia serta mempromosikan pemahaman budaya antara kedua negara.

Permainan tersebut dirancang untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama, namun juga dapat dimainkan oleh remaja.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan hubungan Indonesia dan Australia sudah berlangsung sejak 70 tahun yang lalu.

"Kami berharap dengan aplikasi, semakin mempererat hubungan kedua negara," kata Bishop.

Permainan itu merupakan hasil kerja sama Kedutaan Besar Australia yang bekerja sama dengan pengembang "game"  Agate,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  Asia Education Foundation dan Australia - Indonesia Youth Association.

Permainan itu dapat diunduh di situs Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id). Permainan itu juga akan tersedia di akun iTunes dan Android.