PD Pasar gandeng Gapoktan jual beras murah

id pasar, operasi pasar, beras murah

PD Pasar gandeng Gapoktan jual beras murah

Ilustrasi --- Penjualan beras di pasar tradisional (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARASumsel) - Salah satu BUMD Pemerintah Kota Palembang PD Pasar Palembang Jaya menggandeng Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk menjual beras murah ke masyarakat.

Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya Apriadi S Busri di Palembang, Rabu, mengatakan perusahaannya menggandeng Gapoktan karena menjadi sub distributor beras di Palembang sehingga dengan bekerja sama maka akan ada pemotongan mata rantai penjualan.

"Solusi mahalnya harga beras ini harus dicarikan, dan salah satu caranya dengan menggandeng Gapoktan sehingga masyarakat menengah ke bawah dapat membeli beras dengan harga lebih murah. Seperti diketahui bahwa harga beras ini trennya selalu naik," kata dia.

Ia mengemukakan, PD Pasar dan Gapoktan telah bersepakat menjual beras seharga Rp7.900 per kg atau lebih murah dari harga yang terbentuk di pasar yakni Rp10.000-Rp11.000 per kg.

"Program ini juga dapat terlaksana karena dibantu Badan Ketahanan Pangan RI," kata dia.

Ia mengemukakan untuk tahap awal akan digelar toko tani di 10 pasar, di antaranya, Pasar Gubah, Pasar Palimo, Pasar Cinde, Pasar Sekip Ujung, Pasar Bukit Kecil, Pasar Kebun Semai, Pasar Tangga Buntung, Pasar Soak Bato, Pasar Lemabang dan Padang Selasa.

Toko Tani ini juga menyediakan bermacam-macam jenis beras sesuai dengan harga dan kualitas.

"Jadi masyarakat bebas memilih, tapi yang jelas beras yang biasanya Rp10.000 per kg menjadi sekitar Rp7.900 per kg," kata dia.