Anggota DPRD minta pemprov data pulau kecil

id dprd, dprd sumsel, pemprov sumsel, data pulau kecil, pulau di sumsel

Anggota DPRD minta pemprov data pulau kecil

Ilustrasi - DPRD Sumsel (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/16)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD Sumatera Selatan meminta pemerintah provinsi setempat segera mendata semua pulau-pulau kecil yang berada di provinsi ini.

Juru bicara Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumsel H Solehan Ismail, di Palembang, Minggu, menyatakan sehubungan dengan usulan rancangan peraturan daerah tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, pemprov juga diminta segera memberi nama pulau-pulau kecil yang belum memiliki nama.

Upaya itu, menurutnya, penting dilakukan agar tidak terjadi kerugian aset milik daerah.

Selain itu, katanya lagi, Pemprov Sumsel kemudian harus memberdayakan warga di pulau-pulau kecil tersebut sesuai letak geografis dan menggalakkan perikanan rakyat dengan tetap mempertimbangkan kelestarian serta melakukan konservasi alam agar pulau-pulau itu dapat lestari.

Selain itu, mengikutsertakan masyarakat untuk menjaga pulau-pulau kecil tersebt dengan menggalakkan perikanan atau hal lain yang dapat menjalankan roda perekonomian masyarakat, ujarnya lagi.

Sedangkan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sumsel Meriadi menyatakan, wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki potensi sumber daya sehingga dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik sebagai sumber ekonomi yang potensial.

Pengelolaan wilayah pesisir secara optimal dan berkelanjutan dapat diwujudkan melalui pendekatan secara terpadu dan menyeluruh, katanya lagi.

Dia mengingatkan, dalam menentukan zonasi harus benar-benar memperhatikan dan mengutamakan upaya peningkatan perekonomian nelayan yang dapat diterima secara sosial budaya.

Selain itu, dalam mengembangkan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil itu harus tetap menjaga kelestarian lingkungan sesuai karateristik dan fungsi yang dimiliki, katanya pula.