Pengendara sepeda motor abadikan GMT

id gmt, sepeda, gerhana matahari total, fotografer

Pengendara sepeda motor abadikan GMT

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah pengendara sepeda motor di Palembang menghentikan kendaraannya sebentar untuk mengabdikan momentum saat gerhana matahari total (GMT), Rabu pagi.

Sejumlah pengendara sepeda motor itu memberhentikan kendaraannya di pinggir jalan hanya untuk mengabdikan fenomena alam GMT di Palembang, Sumatera Selatan.

Bahkan, mereka masih berada di atas sepeda motornya hanya untuk mengambil momen GMT yang jarang terjadi itu dengan telepon gengam yang mereka miliki.

"Saya ingin melihat GMT ini, karena jarang terjadi," kata salah seorang warga Palembang, Aini.

Menurut dia, saat terjadinya GMT tadi suasananya berubah menjadi gelap gulita.  
Berdasarkan pantauan di Palembang, masyarakat beramai-ramai menyaksikan GMT itu di atas jembatan Ampera dan Plaza Benteng Kuto Besak.

Masyarakat juga rela berjalan kaki menuju jembatan Ampera dan Plaza Benteng Kuto Besak hanya untuk menyaksikan fenomena alam yang langkah tersebut.

Setelah GMT, jalan di sekitar menuju kawasan itu menjadi macet, terpaksa pengendara kendaraan memutar arah guna menghindari kemacetan.

Sementara itu di sejumlah masjid juga tampak masyarakat melaksanakan salat gerhana dalam rangka GMT tersebut.

Kota Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumsel sebagai salah satu dari sejumlah kota di Indonesia yang menjadi pusat kegiatan wisata gerhana matahari total.