OKU sediakan Rp12 miliar bangun jaringan PDAM

id pipa, jaringan, pdam, air bersih, baturaja, ogan komering ulu, oku

OKU sediakan Rp12 miliar bangun jaringan PDAM

Ilustrasi - Instalasi pengelolaan air PDAM (Foto Antarasumsel.com)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menyediakan dana alokasi khusus di Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Pengairan dan Tata Ruang pada tahun anggaran 2016 sebesar Rp12 miliar untuk mengoptimalkan pembangunan jaringan pipa PDAM setempat dan sistem sanitasi.

"Dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp12 miliar tersebut lebih diarahkan ke bidang infrastruktur khususnya sanitasi jaringan PDAM," kata Kepala PU Cipta Karya (CK), Pengairan dan Tata Ruang Ogan Komering Ulu (OKU), Ulia Mahdi melalui seketaris, H Hasan HD di Baturaja, Selasa.

Dia mengatakan rincian pengalokasian penggunaan dana itu antara lain optimalisasi jaringan induk dalam Kota Baturaja Rp3 miliar, peningkatan Ponton Tanjung Baru Rp1,2 miliar, peningkatan Ponton Tanjung Agung Rp800 juta, serta peningkatan Ponton Bakung Rp800 juta.

Selanjutnya, pengadaan dan pemasangan pompa di Tanjung Baru Rp300 juta, optimalisasi instalasi pengolahan air, dan perpompaan Bakung Rp1 miliar, optimalisasi instalasi pengolahan air dan perpompaan Tanjung Agung Rp1 miliar, dan pengadaan pemasangan pompa di PDAM pusat Kota Baturaja sebesar Rp300 juta.

Menurut dia, secara teknis pembangunan dilakukan oleh Dinas PU Cipta Karya, Pengairan dan Tata Ruang Ogan Komering Ulu, namun setelah pembangunannya nanti akan diserahkan kepada PDAM setempat.

"Kita sudah siap. Sekarang masih proses seleksi pokja. Kalau menurut kita bisa secepatnya dikerjakan karena ini masih proses, jadi diperkirakan Maret ini sudah dalam proses lelang atau tender," ujarnya.

Pengadaan tersebut merupakan program Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu H Kuryana Aziz - Johan Anuar guna meningkatkan pelayanan masyarakat terhadap distribusi air bersih PDAM

"Harapan kami dengan adanya perbaikan dan pembangunan sanitasi serta optimalisasi jaringan PDAM dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik," katanya.