PDAM Musirawas Utara kekurangan kaporit dan tawas

id pdam, air bersih, kaporit, tawas, muratara, musirawas utara

PDAM Musirawas Utara kekurangan kaporit dan tawas

Ilustrasi - Instalasi pengelolaan air PDAM (Foto Antarasumsel.com)

....Banyak mendapat protes pelanggan bahkan mengancam akan berhenti berlangganan air PDAM....
Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, sejak tiga bulan lalu tak mendapat pasokan kaporit dan tawas sehingga air yang disalurkan ke pelanggan dalam keadaan keruh.

"Kami sudah tiga bulan terakhir tidak mendapat bantuan kaporit dan tawas dari Dinas PU, akibatnya tidak menghasilkan air jernih sesuai harapan masyarakat," kata Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ranting Bingin Teluk Gunawan, Selasa.

Ia mengatakan dengan pendistribusian air keruh ke masyarakat, pihaknya banyak mendapat protes dari pelanggan bahkan mereka mengancam akan berhenti berlangganan air PDAM.

Padahal sebelum banjir pihaknya sudah mengusulkan ke PU untuk pengadaan kaporit dan tawas agar kualitas air saat musim banjir tetap bersih dan layak konsumsi.

"Untuk bantuan kaporit sudah masuk tiga bulan tidak pernah dikirim lagi, sedangkan tawas baru satu bulan, jadi kami saat ini mengoperasikan PDAM dengan apa adanya," tandasnya.

Dengan produksi air keruh itu yang malu adalah pemerintah kabupaten, meski PDAM terus beroperasi, sedangkan keluhan pelanggan sudah dilaporkan ke Dinas PU setempat, ujarnya.

Aminah (35) salah seorang pelanggan PDAM di Kecamatan Rawas Ilir mengeluhkan air yang disalurkan perusahaan itu hingga saat ini tetap keruh dan warnanya hampir sama dengan air sungai yang lagi banjir.

Ia mengatakan jika penyaluran air bersih masih seperti sekarang ini seluruh pelanggan akan berhenti, padahal tujuan langgaran air bersih itu selain untuk kesehatan, juga tak jauh mengambil air bersih saat musim banjir sekarang ini.

"Harapan kami ke depan pengelola PDAM Ranting Bingin Teluk untuk menyalurkan air yang bersih dan jernih kepada konsumen, dan harus menggunakan kaporit, tawas dan obat lainnya agar tidak mengandung berbagai penyakit," ujarnya.