Pemkab Musi Banyuasin bantu PLN bangun tower

id pemkab musi banyuasin, musi banyuasin, pemkab muba, plt bupati muba, beni hernedi, pln, tower, transmisi

Pemkab Musi Banyuasin bantu PLN bangun tower

Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi. (Foto Antarasumsel.com/15/Humas Muba)

Musi Banyuasin, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya membantu PT PLN membangun tower jalur transmisi listrik yang kini menghadapi beberapa kendala.

"Saya akan memanggil para camat, lurah, dan kades khususnya yang ada di Kecamatan Lais dan Sekayu yang akan dilalui infrastruktur jaringan listrik sehingga permasalahan pembangunan transmisi yang terjadi selama ini bisa segera diatasi," kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.

Dia menjelskan, PT PLN sekarang ini telah menyelesaikan pembangunan gardu induk di Betung, selanjutnya diprogramkan pembangunan jalur transmisi dari Betung ke Sekayu sebanyak 118 tower yang ditargetkan selesai pada akhir 2016.

Untuk mendukung program pembangunan tersebut, diharapkan seluruh jajaran Pemkab Musi Banyuaisn dan masyarakat yang berada di daerah yang akan dilalui jalur transmisi listrik itu untuk mendukung pelaksanaannya dan bersama-sama mencegah setiap tindakan dari pihak manapun yang dapat menghambat pembangunannya, kata Beni.

Sementara sebelumnya Manajer Area PT PLN Palembang Slamet DS mengatakan bahwa pihaknya akan membangun jalur transmisi dengan 118 tower.

Untuk membangun tower transmisi itu, pembebasan lahannya sudah diselesaikan dengan baik dan 100 persen ganti ruginya telah dibayarkan kepada orang yang berhak.

Tahapan pelaksanaan pembangunan jalur transmisi itu pertama membuat pondasi/tapak, pembangunan tower, penarikan kawat dan terakhir operasi atau penyalaan yang ditargetkan Desember 2016.

Dalam pembangunan itu ada beberapa kendala yang dihadapi di antaranya biaya keamanan kerja dan sewa jalan masuk lokasi tower yang tinggi serta adanya pencurian "member tower" di Kecamatan Lais yang mengakibatkan dua dari 22 tower yang telah dibangun roboh.

Kasus pencurian dan permasalahan yang dihadapi di lapangan dalam pembangunan itu telah dilaporkan ke Polsek Lais dan untuk mencegah terjadinya gangguan lain yang dapat menghambat pembangunan selesai sesuai dengan target yang ditetapkan diharapkan bantuan Pemkab Musi Banyuasin, ujar dia.