Pemkot Palembang rencanakan bangun Ipal Rp1,2 triliun

id pemkot palembang, ipal, bangun ipal, ipal skala perkotaan, instalasi pengolahan air limbah, limbah cair

Pemkot Palembang rencanakan bangun Ipal Rp1,2 triliun

Wali Kota Palembang Harnojoyo memberikan keterangan pers. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Untuk membangun instalasi pengolahan air limbah (Ipal) skala perkotaan itu mendapat dukungan dana hibah dari Pemerintah Australia sebesar Rp500 miliar...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 2017 merencanakan pembangunan instalasi pengolahan air limbah di Kelurahan Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni senilai Rp1,2 triliun.

Untuk membangun instalasi pengolahan air limbah (Ipal) skala perkotaan itu mendapat dukungan dana hibah dari Pemerintah Australia sebesar Rp500 miliar, kata Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, Pemkot Palembang memiliki komitmen tinggi dalam pelestarian lingkungan serta meningkatkan sanitasi warganya terkait dengan penanganan drainase, limbah, dan sampah.

Dengan adanya Ipal yang memadai diharapkan lingkungan kawasan permukiman penduduk Bumi Sriwijaya ini bisa terhindar dari pencemaran limbah cair baik yang berasal dari rumah tangga maupun industri, katanya.

Menurut dia, baru-baru ini pihaknya melakukan pertemuan dengan investor dan Minister Counsellor Infrastructure and Economic dari Kedutaan Besar Australia Steven Barraclough membahas rencana pembangunan proyek Ipal tersebut.

Mengenai lokasi proyek Ipal tersebut sudah disiapkan dan tidak ada masalah lagi, karena pembebasan lahan telah selesai dilakukan dengan baik.

Palembang yang ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta terus berupaya melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur penunjang sehingga menjadi kota layak huni dan memiliki standar internasional, ujar Wali Kota.