Hypermarket di Palembang berlakukan kantong plastik berbayar

id kantong palstik, plastik, pembungkus, pasar, pasar swalayan, hypermarket

Hypermarket di Palembang berlakukan kantong plastik berbayar

Ilustrasi - (ANTARA FOTO)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Hypermarket di Palembang telah memberlakukan program kantong plastik berbayar yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam rangka mengurangi jumlah sampah plastik.

"Kami mulai memberlakukan kantong plastik berbayar itu pada Minggu kemaren (21/2)," kata Assisten Manager Foodmart Palembang Icon Hanafiah saat ditanya mengenai program pemerintah tersebut, Senin.

Menurut dia, pihaknya sudah mensosialisasikan program kantong plastik berbayar itu kepada masyarakat sebelum diterapkan pada Minggu lalu.

"Sejak diberlakukan kantong plastik berbayar itu, ada masyarakat yang senang dan ada pula yang mengeluh (komplain)," katanya.

Ia menyatakan, pihaknya menjelaskan kalau program plastik berbayar itu peraturan pemerintah dan serentak dilaksanakan di Indonesia.

"Kami juga menempel pengumuman itu di kasir sehingga pengunjung bisa langsung melihatnya," ujarnya.

Ia menuturkan, harga kantong plastik itu baik yang ukuran kecil maupun besar tetap sama Rp200,- perbuah.

Dengan adanya program kantong plastik berbayar itu tidak berpengaruh sama sekali, karena pengunjung masih tetap banyak yang datang untuk berbelanja.

"Kalau selama ini memang tugas kita menyediakan kantong plastik kepada pelanggan, tetapi sekarang mereka harus membelinya dengan harga Rp200,- per buah," tuturnya.

Ia mengakui, sejak program kantong plastik berbayar itu para pengunjung ada yang membawa kantong sendiri, ada yang langsung membawanya tanpa kantong plastik, karena belanjaan sedikit dan ada pula bawa troli langsung ke mobil sehingga tidak perlu kantong plastik.

Berdasarkan pantauan para pengunjung tanpa ada yang langsung menenteng belanjaanya, karena yang dibeli hanya beberapa item saja dan ada pula bawa kantong sendiri untuk membawa belanjaannya.