Menpan: pembubaran 14 lembaga nonstruktural segera diputuskan

id menpan, bubarkanlembaga nonstruktural, lns, pembubaran lns, tunggu keputusan presiden, menpan dan reformasi birokrasi

Menpan: pembubaran 14 lembaga nonstruktural segera diputuskan

Menpan RB Yuddy Chrisnandi (ANTARA FOTO)

...Hasilnya sudah ada di Menko Polhukam tinggal beliau lapor Presiden. Apakah 14 lembaga yang dilaporkan itu disetujui, kalau disetujui bisa langsung dibubarkan...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan pembubaran 14 lembaga nonstruktural diharapkan bisa diputuskan minggu ini.
       
Yuddy di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya sudah meminta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan agar dapat menyerahkan rekomendasi pembubaran 14 lemaba nonstruktural (LNS) kepada Presiden Joko Widodo agar dapat segera diputuskan.
       
"Hasilnya sudah ada di Menko Polhukam tinggal beliau lapor Presiden. Apakah 14 lembaga yang dilaporkan itu disetujui, kalau disetujui bisa langsung dibubarkan," kata Yuddy.
       
Namun Yuddy menekankan keputusan pembubaran tersebut sepenuhnya ada di tangan Presiden.
       
Ia mengatakan Presiden memiliki hak untuk mempertimbangkan sejumlah lembaga yang tidak dibubarkan.
       
"Kalau mungkin presiden memiliki pertimbangan lain itu sepenuhnya hak presiden, kalau mungkin ada satu atau dua yang bisa dipertahankan itu sepenuhnya keputusan Presiden," ujar Yuddy.
       
Wacana pembubaran 14 LNS tersebut telah bergulir sejak satu bulan yang lalu ketika dirapatkan di kantor Kemenko Polhukam.
  
Keputusan pembubaran sempat ditunda karena memberi kesempatan pada lembaga-lembaga tersebut untuk mempresentasikan urgensi keberadaannya.
       
Yuddy mengungkapkan keputusan Kementerian PAN-RB tidak berubah kendati sejumlah LNS telah mempresentasikan kepentingan keberadaan lembaganya.
      
"Kalau dari Kemenpan-RB tidak berubah, kalau dari Menko Polhukam saya belum tahu," kata Yuddy.