Gubernur Sumsel minta bupati berdayakan industri hilir

id pelantikan, pelantikan bupati, pilkada 2015, pilkada sumsel, pilkada serentak

Gubernur Sumsel minta bupati berdayakan industri hilir

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kanan) melantik tujuh Bupati dan Wakil Bupati se Sumsel di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Sumatera Selatan. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

....Pemanfaatan sektor unggulan daerah dengan meningkatkan sektor hilirisasi tidak lain juga untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin minta para bupati dan wakil bupati untuk memberdayakan industri hilir guna mengembangkan pertumbuhan ekonomi.

"Produk hilirisasi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah bila pengelola industrinya diberdayakan," kata gubernur di Palembang, Rabu, pada acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tujuh bupati dan wakil bupati periode 2016-2021 hasil pilkada serentak pada 2015.

Menurut dia, pemanfaatan sektor unggulan daerah dengan meningkatkan sektor hilirisasi tidak lain juga untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan.

Khusus para bupati baru dilantik perlu menjadi perhatian serius membangun sektor hulu dan hilir karena potensi daerahnya cukup mendukung.

Apalagi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa kabupaten di Sumsel haru meningkatkan pertumbuhan perekomiannya agar rakyat sejahtera.

Menurut gubernur berdasarkan data BPS pada 2014, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir sebesar 0,04 persen, Ogan Komering Ulu tercatat 3,57 persen, dan Ogan Komering Ulu Timur 5,19 persen.

Sementara Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan 5,37 persen, Ogan Ilir 6,67 persen, Musirawas 7,44 persen, dan Kabupaten Musirawas Utara mencapai 11,74 persen.

Oleh karena itu perekonomian harus dipacu antara lain melalui pemberdayaan hilirisasi dengan memanfaatkan potensi daerah.

Itu sudah menjadi tugas bupati termasuk yang baru dilantik sekarang ini, tambah dia.

Ketujuh bupati dan wakil bupati yang dilantik tersebut, adalah Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu, Musirawas, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.