Ratusan wisatawan Malaysia saksikan gerhana matahari

id wisatawan, malaysia, gerhana, gerhana matahari, gerhana matahari total, jembatan ampera

Ratusan wisatawan Malaysia saksikan gerhana matahari

Ilustrasi - Sejumlah remaja memadati jembatan Ampera untuk menikmati fajar pertama bulan Ramadan di Kota Palembang, Sumatera Selatan. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 500 wisatawan dari Malaysia akan menyaksikan gerhana matahari total di Palembang, Sumatera Selatan, 9 Maret 2016.

Berdasarkan informasi dari biro perjalanan, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Senin, wisatawan Malaysia itu akan ke Palembang menyaksikan gerhana matahari total (GMT).

Menurut dia, hal itu menunjukkan minat masyarakat untuk menyaksikan gerhana matahari total cukup banyak, termasuk dari luar negeri.

Dengan kehadiran wisatawan mancanegara itu, pihaknya akan mengoordinasikan sekaligus membawa mereka ke lokasi melihat gerhana.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan biro perjalanan dan PHRI dalam mengoordinasikan para tamu yang hadir di Palembang tersebut.

Khusus wisatawan Malaysia, lanjut dia, berdasarkan informasi, mereka ingin melihat gerhana matahari total dari danau SKI Air Jakabaring Palembang.

"Itu nantinya akan diakomodasi supaya wisatawan mancanegara tersebut lancar sekaligus dapat menyaksikan secara baik kejadian alam tersebut," katanya.

Irene mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa titik untuk menyaksikan gerhana di Palembang nanti, di antaranya Jembatan Ampera, termasuk danau SKI Air Jakabaring Palembang.

Khusus di Jembatan Ampera, pihaknya akan melakukan berbagai kegiatan sebelum dan saat terjadinya gerhana tersebut. Bahkan, jembatan itu akan ditutup sementara supaya masyarakat leluasa dalam menyaksikan fonemena alam tersebut.

Gerhana matahari yang terjadi puluhan tahun itu diharapkan dapat disaksikan secara sempurna oleh masyarakat, termasuk wisatawan mancanegara.