Dishubkominfo Musirawas pasang wifi di sekolah

id Dishubkominfo Musirawas, wifi, sekolah, online, internet

Dishubkominfo Musirawas pasang wifi di sekolah

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, akan memasang wifi di setiap sekolah, terutama sekolah menengah atas sederajat, untuk mendukung ujian nasional berbasis komputer mulai 2016.

Kepala Dinas Pehubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Musirawas Ari Narsa, Senin mengatakan pemasangan wifi di sekolah itu sebagai pilot proyek pendidikan berbasis internet yang kerja sama dengan dinas pendidikan nasional setempat.

Ia mengatakan pemasangan wifi itu untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 yang akan diterapkan secara bertahap di wilayah itu.

"Kendala sekarang ini sejumlah sekolah belum memiliki jaringan internet, sehingga program (UNBK) itu belum bisa dilakukan secara serentak di setiap sekolah," ujarnya.

Ujian nasional bebasis internet itu menjadi program pertama bersama dinas pendidikan setempat pada tahun 2016, karena merupakan aturan dari pemerintah pusat agar generasi penerus bangsa memahami informasi teknologi khususnya internet.

Namun untuk tahap awal akan diuji coba pada dua sekolah menengah atas (SMA) dulu dan sekolahnya ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Dishubkominfo, tapi lebih memprioritaskan sekolah dengan jaringan internet.

"Kami sudah melakukan penjajakan dan mengagendakan kegiatan tersebut, sehingga dipastikan ujian nasional tahun 2016 sudah bisa dilaksanakan di Kabupaten Musirawas,"jelasnya.

Dalam pelaksanaannya nanti Dsihubkominfo akan menyediakan peralatan dan tower WIFI, sedangkan Disdik menyiapkan laboratorium dan peralatan pendukung lainnya.

Program itu sebetulnya sejak tahun lalu akan diterapkan di Musirawas, namun terkendala terbatasnya jumlah tower untuk memasang jaring wifi, tapi ia optimistis program itu bisa dikembangkan, sehingga secara keseluruhan sekolah di Musirawas dapat melakukan UN menggunakan internet,ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Musirawas Sukamto menyambut baik adanya program tersebut, apa lagi sudah disiapkan sarana tower WIFI di sekolah, dengan kelengkapan sarana itu setiap sekolah akan dapat melakukan UNBK.

"Jika seluruh sekolah sudah tersambung dengan WIFI, maka penerapan UNBK akan direalisasikan secara merata hingga ke pelosok kecamatan," ujarnya.