Sumsel berdayakan kampung budaya

id dinas kebudayaan pariwisata sumsel, kampung budaya sungai musi, plt kadisbudpar, irene camelyn sinaga

Sumsel berdayakan kampung budaya

Ilustrasi - Foto udara Jembatan Ampera, terletak di tengah-tengah kota Palembang yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir terpisah oleh Sungai Musi.(Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan akan memberdayakan kampung budaya terutama dipinggiran Sungai Musi Palembang supaya daya tarik wisatawan menyelusuri sungai itu semakin meningkat.

Kampung budaya dipinggiran sungai musi itu memang ada dan itu perlu ditata kembali supaya memiliki daya tarik tersendiri, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Jumat.

Dia mencontohkan, kampung yang cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata yang berada dipinggiran Sungai Musi Palembang antara lain Al- Munawar dan Kampung Kapiten.

Itu sudah lama dikenal masyarakat dan tinggal lagi ditata sekaligus dipromosikan kepada para wisatawan terutama mancanegara, kata dia.

"Yang jelas kedua kampung itu juga dapat menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung sekaligus berwisata Bahari," ujar dia.

Menurut dia, apalagi sungai Musi nantinya akan dijadikan Ikon Palembang sehingga perlu didukung berbagai tempat menarik lainnya untuk dikunjungi.

Sehubungan itu pihaknya akan memberdayakan kampung budaya itu terutama dalam mendukung wisata sungai, ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, beberapa waktu pihaknya bersama instansi terkait telah membersihkan sekitar kampung Al-Munawar tersebut.

Selain itu juga membersihkan bataran sungai Musi yang juga terdapat jembatan Ampera tersebut.

Bukan itu saja dalam mendukung wisata sungai pihaknya rutin melaksanakan lomba Triboatton yang juga diikuti peserta dari luar negeri, tambah dia.