Pemkab Muaraenim-DPRD-warga sepakat Gelumbang jadi kabupaten

id dprd muara enim, pemkab muara enim, gelumbang, kabupaten baru, kabupaten gelumbang, daerah otonomi baru

Pemkab Muaraenim-DPRD-warga sepakat Gelumbang jadi kabupaten

Pemerintah Kabupaten Muara Enim (Antarasumsel.com/Grafis/den)

....Pemkab Muaraenim siap mendukung pemekaran Kabupaten Gelumbang menjadi DOB....
Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Muaraenim, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Muaraenim, Sumsel dan perwakilan masyarakat dari enam kecamatan sepakat Kecamatan Gelumbang menjadi kabupaten.

Berdasarkan rapat koordinasi dan dengar pendapat di Balai Kantor Kecamatan Gelumbang, Muaraenim, Rabu, disepakati pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Muaraenim Nurul Aman, Wakil Ketua DPRD Muaraenim Nino, Ketua Komisi I Faizal Anwar, anggota DPRD Muaraenim Mukarto, Asisten Pemerintahan Bulgani Hasan, dan enam camat yakni dari Gelumbang, Sungai Rotan, Lembak, Kelekar, Muara Belida, Belida Darat, serta puluhan Kades dan tokoh adat.

Ketua Komisi I DPRD Muaraenim Faizal yang didampingi Mukarto mengatakan rapat ini merupakan tindak lanjut dari surat presidium pemekaran Kabupaten Gelumbang beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya setelah tahapan dengar pendapat dari semua elemen masyarakat, DPRD semakin yakin jika masyarakat di enam kecamatan bertekad bulat untuk memisahkan diri menjadi DOB Kabupaten Gelumbang.

Namun untuk pemekaran tersebut, kata Faizal, harus melalui tahapan dan berbagai persyaratan.

Oleh karena itu DPRD menargetkan seluruh persyaratan rampung pada akhir Februari 2016.

Seluruh persyaratan sudah terpenuhi sehingga bisa disidangparipurnakan.

Wakil Bupati Muaraenim Nurul Aman didampingi Wakil Ketua DPRD Muaraenim Nino, mengatakan jika rencana pemekaran Gelumbang untuk menjadi DOB memang sudah menjadi program pasangan Cak-nur (Cakuk - Nurul) pada saat mereka maju kembali menjadi pasangan Bupati dan Wabup yang kedua kalinya.

Jika melihat dari segi wilayah, administrasi, jumlah penduduk, perekonomian, infrastruktur dan lain-lain, itu memang sudah layak di jadikan Kabupaten Gelumbang.

Untuk itu, ia meminta kepada semua elemen masyarakat untuk bersatu terutama dalam menyelesaikan permasalahan tapal batas wilayah dengan kabupaten/kota tentangga.

"Pemkab Muaraenim siap mendukung pemekaran Kabupaten Gelumbang menjadi DOB," kata dia.