Sumsel terus pantau perkembangan virus Zika

id dinas kesehatan sumsel, virus zika, zika,

Sumsel terus pantau perkembangan virus Zika

Nyamuk (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan terus memantau perkembangan virus Zika dengan melakukan kerja sama Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Kami bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk melihat perkembangan virus tersebut, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pihak KKP itu yang melakukan pengamatan dan pemeriksaan bila diduga adanya virus dari luar negeri tersebut.

Jadi setiap masyarakat yang datang dari luar negeri bila diduga terjangkit virus tersebut akan diperiksa, ujar dia.

Namun, lanjut dia, hingga sekarang belum ditemukan dugaan adanya virus tersebut masuk ke-Sumsel yang dibawah masyarakat maupun turis asing yang berkunjung ke daerah ini.

Sehubungan itu masyarakat tidak perlu khawatir karena virus Zika belum ditemukan di Sumsel, kata dia.

Sementara Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang dr Amelia mengatakan pencegahan dan penangkalan penyakit Zika mulai dari pintu masuk luar negeri menuju daerah Sumsel seperti di Bandara dan pelabuhan.

Dia mengatakan untuk itulah pihaknya melakukan pemantauan secara rutin melalui memeriksa setiap transportasi pengangkut baik manusia maupun barang di Bandara termasuk pelabuhan boom baru.

Begitu juga setiap kontainer yang masuk di Boom Baru terus diamati untuk mendeteksi virus tersebut, ujar dia.

Namun, lanjut dia, saat ini belum ditemukan virus Zika tersebut yang diharapkan itu tidak berjangkit.