Sumsel siapkan kawasan pergudangan Tanjung Api-Api

id sumsel, kawasan ekonomi khusus, tanjung api api, gudang, kadisperindag sumsel, permana

Sumsel siapkan kawasan pergudangan Tanjung Api-Api

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana (Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana)

....Keinginan ini dilatari bantuan dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp35 miliar untuk pembangunan Pusat Distribusi Regional di Tanjung Api-Api....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan menyiapkan kawasan pergudangan di Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan Permana di Palembang, Senin, mengatakan keinginan ini dilatari bantuan dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp35 miliar untuk pembangunan Pusat Distribusi Regional di Tanjung Api-Api.

"Saat ini sudah lelang, dan dalam waktu dekat akan dimulai pekerjaan kontruksinya. Sudah disediakan lahan seluas dua hektare untuk bangun kawasan pergudangan. Pemprov sedang memetakan kawasan, penghitungan nilai objek pajak, dan pengurusan izin di kementerian terkait," kata dia.

Ia mengemukakan Sumatera Selatan menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang menerima kucuran dana pembangunan Pusat Distribusi Regional mendapat kuncuran dana.

Hal ini sudah diberikan payung hukumnya oleh Kementerian Perdagangan dengan mengeluarkan Permendag RI Nomor 114/M-DAG/PER/12/2015 Rp35 miliar untuk PDR Tanjuag Api-Api.

PDR ini merupakan pusat distribusi yang berfungsi sebagai cadangan penyangga persediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting untuk jaringan distribusi nasional.

Menurut Permana, Sumsel dipilih karena memenuhi kretaria dari sisi jumlah penduduk, aksesibilitas, daerah konsumen bersifat kolektor dan distributor, serta dapat dikembangkan menjadi puat perdatangan gantar pulau.

PDR ini nantinya menjadi gudang milik pemerintah yang akan membantu dunia usaha menjalankan bisnisnya dengan dilengkapi suatu sistem teknologi informatika modern.

"Jadi barang ditampung di sini dulu sebelum dilepas ke pasar," kata dia.

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan ditargetkan rampung pada 2018 dengan turut tersedianya pelabuhan laut.

KEK ini direncanakan menjadi tempat industri hiliriasi beragam hasil alam Sumsel seperti karet, minyak sawit, dan batu bara.