Rupiah melemah 85 poin jadi Rp13.682

id rupiah, rupiah melemah, beregrak melemah, uang rupiah, uang

Rupiah melemah 85 poin jadi Rp13.682

Uang kertas rupiah pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Nilai tukar rupiah bergerak melemah terhadap dolar AS seiring dengan sebagian pelaku pasar uang yang memanfaatkan untuk mengambil untung setelah rupiah mengalami penguatan...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa pagi, bergerak melemah sebesar 85 poin menjadi Rp13.682 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.597 per dolar AS.
      
"Nilai tukar rupiah bergerak melemah terhadap dolar AS seiring dengan sebagian pelaku pasar uang yang memanfaatkan untuk mengambil untung setelah rupiah mengalami penguatan cukup signifikan pada pekan lalu," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada di Jakarta.
       
Menurut dia, harga minyak mentah dunia yang cukup berfluktuasi membuat pelaku pasar mengambil posisi transaksi jangka pendek terhadap aset-aset mata uang komoditas, salah satunya rupiah.
        
Ia menambahkan bahwa harga minyak mentah dunia yang masih berada di level rendah di kisaran 30-33 dolar AS per barel memberikan sinyal bahwa perekonomian di negara berkembang masih cukup berisiko.
        
Terpantau, harga minyak mentah jenis WTI Crude pada Selasa (9/2) pagi ini, berada di level 30,22 dolar AS per barel. Sementara minyak mentah jenis Brent Crude di posisi 33,31 dolar AS per barel.
        
Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan bahwa laporan tenaga kerja Amerika Serikat pada pekan lalu direspon cukup positif oleh sebagian investor di pasar uang.
        
"Dolar AS bergerak menguat terhadap sebagian besar mata uang utama dunia seiring optimisme beberapa pelaku pasar yang menilai kenaikan rata-rata upah pekerja serta penurunan tingkat pengangguran selama bulan Januari merupakan alasan yang cukup kuat untuk meyakinkan bank sentral AS (Federal Reserve) menaikkan suku bunga pada tahun ini," katanya.