Sumsel bidik tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon

id triathlon, jakabaring, asian games, renang

Sumsel bidik tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon

Sejumlah atlet duathlon mengayuh sepedanya pada kompetisi Duathlon pada rangkaian South Sumatra ITU Triathlon Premium Asian Cup di Jakabaring Sport City Palembang, tahun 2013 (Foto Antarasumsel.com/13/Fenny Selly)

Palembang (ANTARASumsel) - Provinsi Sumatera Selatan membidik ajang Kejuaraan Asia Triathlon pada Juli 2017 untuk melatih kesiapan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo di Palembang, Jumat, mengatakan tiga orang perwakilan Asian Triathlon Confederation (ASTC) sudah mendatangi Palembang untuk memeriksa kesiapan menjadi tuan rumah, Kamis (4/2).

"Perwakilan ASTC ini sudah mendatangi kawasan Jakabaring Sport City (JSC), terutama ke arena olahraga air," ungkapnya.

Menurutnya, tim yang terdiri dari Kiriyo Suzuki (Jepang), Cheah Choon Nam (Malaysia) dan Melody Tan (Malaysia) ini merasa puas dengan fasilitas yang dimiliki Sumsel.

Penilaian itu ditujukan untuk wisma atlet, danau Jakabaring, lintasan jalur sepeda, lintasan lari, dan fasilitas pendukung lainnya seperti wisma atlet dalam kolam renang untuk pemanasan.

"Harapannya dengan fasilitas yang prima ini, membuat Sumsel dapat menggeser Kazakstan yang juga ingin menjadi tuan rumah. Keputusan final akan diketahui pada kongres ASTC bulan April mendatang di Jepang," tuturnya.

Sementara itu, terkait persiapan Sumsel menjadi tuan rumah cabang olahraga triathlon Asian Games, ASTC meminta disediakan jalur sepeda sejauh 10 km, lintasan renang panjang 350 meter ditambah 50 meter, dan area untuk lari dibutuhkan 5 km.

Kemudian, arena akuatik yang bisa digunakan peserta untuk berlatih, area untuk helipad, rumah sakit rujukan yang terdekat, dan infrastruktur tes dopping.

Sumsel sudah ditetapkan Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebagai tuan rumah Asian Games bersama Jakarta dengan menggelar 11 cabang olahraga.

Cabang olahraga itu, sepak bola untuk babak penyisihan, kano/kayak, bola voli untuk babak penyisihan, dayung, menembak, triatlon, bola basket untuk babak penyisihan, sepak takraw, olahraga panjat tebing, tenis untuk babak penyisihan, dan soft-tenis untuk babak penyisihan.