Mentan panen padi di OKI

id menteri pertanian, andi sulaiman, panen padi, padi

Mentan panen padi di OKI

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman melaksanakan panen raya padi di desa Bandar Jaya, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis.

Dalam panen raya menteri didampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Purwadi Mukson itu sebagai wujud dukungan pemerintah dalam swasembada pangan yang dicanangkan beberapa waktu lalu.

Selain melaksanakan panen raya menteri juga memberikan bantuan berupa traktor tangan serta peralatan pertanian lainnya kepada kelompok tani di daerah tersebut.

Bersamaan itu menteri juga memberikan bantuan dana Rp6,9 miliar kepada 99 kelompok tani di daerah tersebut.

Bantuan peralatan pertanian dan dana tersebut karena di daerah itu tahun lalu terkena dampak kekeringan akibat musim kemarau.

Pangdam II/Sriwijaya mengatakan pihaknya siap membantu ketahanan pangan dengan melakukan swasembada beras dan lainnya.

Sebagai komponen bangsa jajaran KodamII/Sriwijaya berkomitmen membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan, kata Pangdam.

Sebelumnya pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel Noor Wibowo mengatakan dipilihnya Sumsel tempat panen raya karena hasil padi tersebut dipredeksi mampu meningkatkan ketahanan pangan.

Selain panen raya menteri juga memberikan bantuan sekaligus daerah tersebut akan menjadi percontohan.

Selain itu lahan tersebut juga akan ditingkatkan panen dua kali dalam setahun.