Wali Kota harapkan pemuda menjadi motor penggerak

id pemkot lubuklinggau, lubuklinggau, walikota lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe, pemuda, motor penggerak

Wali Kota harapkan pemuda menjadi motor penggerak

Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe (Foto Antarasumsel.com/15/Evan Ervani)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, SN Prana Putra Sohe mengharapkan organisasi kepemudaan dapat berperan dalam berbagai pembangunan di wilayah itu, sekaligus menjadi motor penggerak membangun bangsa ini.

"Pemerintah daerah setiap saat bersedia membantu kegiatan kepemudaan karena saya juga berasal dari organisasi kepemudaan, oleha karena itu unsur pemuda harus bersinergi dengan pemerintah daerah," ujar wali kota ketika menerima pengurus Karang Taruna Lubuklinggau periode 2015-2020, Kamis.

Ia mengatakan senang melihat organisasi kepemudaan yang aktif dan banyak kegiatan untuk mendukung pembangunan di wilayah itu.

Pemkot Lubuklinggau berjanji siap mendukung program kerja Karang Taruna baik dalam skala daerah maupun tingkat nasional. Bentuk dukungan itu antara lain memberikan anggaran dana hibah kepada pengurus organisasi kepemudaan termasuk Karang Taruna.

"Saya mengharapkan Kota Lubuklinggau menjadi tuan rumah lomba voli Karang Taruna tingkat provinsi pada 2016, sekaligus menjadi tuan rumah Rakernas Karang Taruna se-Indonesia," ujarnya.

Ketua Karang Taruna Kota Lubuklinggau Alamaedy Syamsur mengatakan organisasi yang dipimpinnya siap menjadi mitra strategis pemerintah dalam membanguan daerah itu.

Ia mengatakan Karang Taruna adalah tempat berkumpulnya tokoh pemuda, maka sudah menjadi tugas dan fungsinya untuk menciptakan pemuda yang terampil dan memiliki akhlak yang luhur, sehingga dapat bersaing di era globalisasi mendatang.

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) persaingan dalam mencari lapangan pekerjaan akan semakin kompetitif, maka Karang Taruna akan berusaha untuk menjawab tantangan tersebut.

"Kami sebagai pemuda penerus bangsa akan terus berkarya, bekerja nyata untuk bangsa pada umumnya dan Kota Lubuklinggau khususnya, maka akan terus berusaha untuk menciptakan SDM yang handal," tuturnya.

Selain itu karang taruna siap mensukseskan Kota Lubuklinggau untuk meraih piala adipura, dengan program bersih kampung yang sudah digulirkan pemerintah daerah selama ini.

Unsur pemuda beberapa waktu lalu melakukan aksi nyata dengan bersih kampung, sebagai wujud kepedulian Karang Taruna terhadap kebersihan lingkungan.

Program bersih kampung itu juga, sebagai salah satu mengatasi dampak demam berdarah yang melanda Kota Lubuklinggau, bahkan Karang Taruna akan meluncurkan program pola mandiri untuk setiap Kelurahan di Kota Lubuklinggau.

"Kita siap menjadi fasilitator kebersihan lingkungan ke depan dan juga akan masuk ke sektor transportasi untuk mengangkut sampah mulai dari gerobak, sepeda motor, hingga mobil, dengan demikian diharapkan menjadi sumbu semangat masyarakat dalam kebersihan," ujarnya.