Musi Banyuasin targetkan swasembada pangan 2017

id pemkab musi banyuasin, pemkab muba, plt bupati muba, beni hernedi, padi

Musi Banyuasin targetkan swasembada pangan 2017

Ilustrasi - Petani sedang mengangkut padi untuk diproses dari sawah mereka yang sedang panen (ANTARA FOTO)

Musi Banyuasin, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menargetkan swasembada pangan pada 2017 untuk mendukung program pemerintah melepaskan ketergantungan dari negara lain.

"Untuk mewujudkan target tersebut dalam beberapa tahun terakhir dilakukan berbagai upaya khusus untuk meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai," kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan upaya khusus untuk mewujudkan swasembada pangan dilakukan guna menghadapi tantangan dalam meningkatkan produksi pangan.

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan produksi tanaman pangan padi, jagung dan kedelai seperti sulitnya mendapatkan benih unggul bermutu, serta tidak seimbangnya biaya produksi dan harga jual, serta masih rendahnya kemampuan petani menyediakan sarana produksi seperti pupuk dan obat-obatan pengendali hama.

Tantangan lainnya seperti belum optimalnya penggunaan teknologi oleh petani serta tingginya konversi atau alih fungsi lahan tanaman pangan ke peruntukan lainnya, katanya.

Dia menambahkan selain menghadapi berbagai tantangan itu, untuk mewujudkan target swasembada pangan perlu juga dibangun kerja sama antara petani atau masyarakat dengan aparat pemerintah dan TNI-AD, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

Kemudian memaksimalkan peran penyuluh pertanian untuk mendampingi petani karena saat ini telah tersedia satu penyuluh satu desa.

"Saya yakin dan percaya dengan dukungan penyuluh pertanian, dan adanya kerja sama antara pemerintah daerah, petani dengan TNI-AD dan Kementerian Pertanian hingga jajaran terbawah dalam pembinaan dan pendampingan, swasembada padi, jagung dan kedelai bisa tercapai sesuai target yang ditentukan," ujarnya.