Dinkes diminta petakan wilayah terkena DBD

id dprd sumsel, dinkes sumsel, dbd, demam berdarah dengue

Dinkes diminta petakan wilayah terkena DBD

Pasien penderita DBD sedang menjalani perawatan di rumah sakit setempat (Foto Antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Legislator DPRD Sumatera Selatan meminta Dinas Kesehatan untuk segera melakukan pemetaan wilayah yang memiliki kasus penyakit Demam Berdarah Dengue sehingga bisa diambil tindakan.

"Kita minta Dinas Kesehatan Sumatera Selatan untuk segera melakukan pemetaan wilayah-wilayah yang terkena wabah DBD," kata Anggota Komisi V DPRD Sumsel Rizal Kenedi di Palembang, Rabu.

Setelah pemetaan, Dinkes juga diminta untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dengan melakukan pengasapan atau fogging, memberikan penyuluhan kepada masyarakat, pemberian bubuk abate dan kelambu.

Ia mengatakan banyak juga keluhan masyarakat yang diminta membayar saat dilakukan pengasapan, padahal seharusnya gratis karena itu program pemerintah yang bersumber dari APBD.

Rizal mengatakan sebelum dilakukan pengasapan hendaknya dilakukan penyuluhan kepada masyarakat atau pemberitahuan sehingga mereka siap misalnya dengan menutup makanan dan lainnya.

Selain itu Dinkes juga tentunya melakukan penyuluhan mengenai gerakan 3M (menguras, membersihkan dan mengubur).

Sebelumnya Pembina Tim Sayangi Sumsel H Sujarwoto menuturkan kalau mereka melakukan fogging gratis guna membantu masyarakat menyusul meningkatnya kasus wabah demam berdarah dengue.

Kegiatan itu merupakan bentuk nyata kepedulian terhadap masyarakat Sumatera Selatan, khususnya di wilayah Kota Palembang.

Tim Sayangi Sumsel melakukan fogging gratis guna membantu pemerintah mengatasi wabah DBD, katanya.