Pembangunan jembatan layang tunggu pesetujuan Menkeu

id jembatan layang, pembangunan, infrastruktur, flyover simpang bandara, flyover keramasan, flyover

Pembangunan jembatan layang tunggu pesetujuan Menkeu

Sejumlah kendaraan melintas diatas jembatan layang simpang Jakabaring, Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

....Dua jembatan layang yakni Jembatan Layang Simpang Bandara SMB II dan Jembatan Layang Keramasan sudah menyelesaikan proses tender pada akhir tahun lalu....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pembangunan dua jembatan layang di Palembang belum bisa berjalan karena masih menunggu surat persetujuan penggunaan anggaran pola tahun jamak (2016-2017) dari Menteri Keuangan.

Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III Metropolitan Palembang Kementerian PU-Pera Refi Pebriansyah di Palembang, Rabu, mengatakan, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum sedang mendesak keluarnya surat resmi mengingat pekerjaan konstruksi itu direncanakan pada awal tahun 2016.

"Dua jembatan layang yakni Jembatan Layang Simpang Bandara SMB II dan Jembatan Layang Keramasan sudah menyelesaikan proses tender pada akhir tahun lalu, tetapi karena surat dari Menkeu belum turun pembangunan belum bisa dimulai," kata Refy.

Ia menjelaskan, dua jembatan layang ini sudah disetujui menggunakan dana APBN dan APBD untuk tahun jamak yakni mulai dari 2016-2017 untuk 20 bulan pengerjaan.

Pada tahun pertama ini untuk masing-masing jembatan sudah dialokasikan dana Rp67 miliar.

Sementara berdasarkan perencanaan, Jembatan Layang Keramasan akan membutuhkan dana Rp237 miliar, dan Jembatan Layang Simpang Bandara SMB II Rp170 miliar.

Sedangkan biaya pembebasan lahan akan diserahkan ke Pemkot Palembang menggunakan APBD.

"Untuk pembebasan lahan masih belum kelar karena masih ada sejumlah bangunan warga di Simpang Tanjung Api-Api Jalan Kol Haji Burlian. Ini terus diupayakan karena butuh lahan seluas 3.000 meter persegi untuk membangun jembatan dengan panjang 455 meter," kata dia.

Sementara untuk penyediaan lahan untuk Jembatan Keramasans sepanjang 650 meter, menurut Refi tidak menjadi persoalan karena lahan itu ditempati warga secara ilegal. Bangunan yang berdiri juga umumnya rumah semi permanen di bantaran sungai.

"Tinggal saja sosialisasi ke warga mengenai rencana pembangunan ini," kata dia.

Kasatker Pembangunan Jalan Nasional dan Metropolitan BBPJN III Kementerian PU-Pera mengatakan pemerintah sedang fokus membangun sejumlah proyek infrastruktur transfortasi di Palembang untuk persiapan menjadi penyelenggara Asian Games ke-18 tahun 2018.

Saat ini pekerjaan yang sudah dilakukan yakni pembangunan jalur kereta api massal (LRT) di lima zona.

"Yang jelas LRT membangun lebih dulu, tetapi tetap sudah mempertimbangkan infrastruktur lain yang akan dibangun di masa datang seperti jembatan layang di Simpang Bandara, dan Underpass di kawasan Charitas," kata Gunawan.