Emas divisi COMEX turun karena perdagangan teknis

id emas, logam mulia, harga emas

Emas divisi COMEX turun karena perdagangan teknis

Emas (FOTO ANTARA)

EMAS TURUN AKIBAT PERDAGANGAN TEKNIS
Chicago, (ANTARA/Xinhua) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena perdagangan teknis (technical trading) memberikan tekanan pada logam mulia, meskipun ekuitas AS melemah.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April, turun 0,8 dolar AS, atau 0,07 persen, menjadi menetap di 1.127,20 dolar as per ounce.

Perdagangan teknis memberikan tekanan pada logam mulia karena kenaikan dalam beberapa minggu akibat jatuhnya ekuitas AS mendorong logam mulia ke posisi puncak hingga mencapai tingkat dukungan (support level).

Namun, emas dicegah dari penurunan lebih jauh dan bertahan dalam rentang perdagangan yang sangat sempit, karena indeks Dow Jones Industrial Average AS turun.

Para analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama, turun 0,2 persen menjadi 98,85 pada pukul 18.00 GMT. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah.

Logam mulia berada di bawah tekanan lebih lanjut ketika laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS pada Selasa menunjukkan penjualan kendaraan bermotor di Amerika Serikat pada tingkat 14,1 juta unit.

Analis mencatat bahwa angka penjualan ini lebih baik daripada yang diperkirakan, dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di sepanjang 2015.

Harga logam mulia diletakkan di bawah tekanan lagi karena pasar tetap belum pasti tentang kapan kenaikan suku bunga berikutnya. Pedagang berspekulasi bahwa, di awal, The Fed akan menaikkan suku 0,50 persen ke 0,75 persen selama pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) April.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga dari 0,50 persen ke 0,75 persen mencapai 14 persen untuk pertemuan Maret, dan 16 persen pada pertemuan April.

Para pedagang sedang menunggu rilis data ekonomi lainnya akhir pekan ini, ketika laporan ketenagakerjaan Automated Data Processing (ADP) akan dirilis pada Rabu dan laporan ketenagakerjaan Januari  keluar pada Jumat, bersama dengan laporan perdagangan internasional.

Perak untuk pengiriman Maret turun 5,4 sen, atau 0,38 persen, menjadi ditutup pada 14,289 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun 14,4 dolar AS, atau 1,65 persen, menjadi ditutup pada 855,70 dolar AS per ounce.
(Penterjemah: T.A026/B/A. Suhendar)