Musirawas berlakukan tes urine kepala desa

id tes urine, pejabat bupati musirawas, kabupaten musirawas, narkoba, kedes di musirawas

Musirawas berlakukan tes urine kepala desa

Tes Urine (Foto Antarasumsel.com)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Pejabat Bupati Musirawas, Sumatera Selatan, Riki Junaidi mengatakan akan memberlakukan tes urine terhadap para kepala desa untuk memastikan terlibat atau tidak dalam penyalahgunaan narkoba.

Selama ini yang dilakukan tes urine itu hanya para pejabat dan kalangan pengawai negeri sipil (PNS) saja, tapi mulai 2016 para kepala desa akan dilakukan hal serupa, kata Riki Juniadi kepada wartawan, Senin.

Ia mengatakan rencana tes urine terhadap para kepala desa itu sudah diprogramkan, namun masih akan dikoordinasikan terhadap para satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait karena menyangkut anggaran.

Desakan itu juga dilakukan oleh Gerakan Pemuda Musirawas (Garda Mura) melalui aksi damai beberapa hari lalu dan ide itu ditanggapi oleh pemerintah daerah karena organisasi pemuda itu bagian dari masyarakat.

Jumlah kepala desa pada 14 kecamatan di Kabupaten Musirawas tercatat 186 orang, seluruhnya akan dilakukan tes urine namun waktunya masih dirahasiakan.

"Untuk mewujudkan rencana tersebut kita harus koordinasi dulu dengan kalangan pejabat Musirawas termasuk biayanya apakah bisa diambil dari Anggaran Dana Desa (ADD) atau tidak," ujarnya.

Bila program itu telah berjalan ternyata ada kepala desa positif mengkonsumsi narkoba, maka akan dilakukan tindakan tegas dengan pemecatan.

Selama ini para petugas masih terlena terhadap perangkat ujung tombak pemerintahan paling bawah itu, dan masih terfokus pada kalangan pejabat dan masyarakat sebagai pengedar dan pengkonsumsi barang haram tersebut, katanya.

Ketua Gerakan Pemuda Musirawas (Garda Mura) Afrika menilai para kepala desa di wilayah itu perlu dilakukan tes urine karena diduga ada yang mengkonsumsi narkoba.

Ia mengatakan tes urine itu jangan hanya dilakukan pada kalangan anggota Kodim 0406, kejaksaan, pengadilan dan pejabat saja, tapi juga dilakukan terhadap para kepala desa.

"Kami mengharapkan semua elemen pemerintah di Kabupaten Musirawas untuk melakukan tes urine termasuk kalangan elit orang nomor satu di tingkat desa," tandasnya.

Tes urine terhadap kepala desa itu sangat penting dilakukan, agar masyarakat dapat mengetahui apakah pemimpinnya terkontaminasi narkoba atau tidak.

Selama ini diduga banyak kepala desa di Musirawas menggunakan narkoba, namun untuk membuktikan dugaan itu pejabat Bupati Musirawas Riki Junaidi agar menganggendakan tes urine terhadap para kepala desa tersebut, ujarnya. ***2***



(T.Z005/B/I016/I016) 01-02-2016 20:24:33