OCA tetapkan 11 cabang Asian Games Palembang

id asian games, palembang kebagian 11 cabang olahraga

OCA tetapkan 11 cabang Asian Games Palembang

Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Dewan Olimpiade Asia (OCA) menetapkan 11 cabang olah raga Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Palembang setelah mempertimbangkan lokasi gelanggang dan akses transportasi.

"Ada tiga cabang olahraga yang berpindah lokasi penyelenggaraan dari Palembang ke Jakarta yaitu angkat besi, tenis meja, dan senam," kata Wakil Presiden OCA Tsunekazu Takeda selepas Pertemuaan ke tiga Koordinasi Panitia Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu.

Takeda sangat mengapresiasi persiapan Indonesia, baik pemerintah pusat maupun daerah, untuk penyelenggaraan Asian Games terutama terkait renovasi gelanggang.

"Cabang-cabang olahraga Asian Games 2018 terdiri atas 28 cabang olimpiade, delapan cabang non-olimpiade, dan satu cabang usulan dari negara penyelenggara," ujar Takeda.

OCA, lanjut Takeda, optimistis dan percaya Indonesia mampu menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir mengatakan cabang-cabang yang diselenggarakan di Palembang antara lain sepak bola untuk babak penyisihan, kano/kayak, bola voli untuk babak penyisihan, dayung, menembak, triatlon, bola basket untuk babak penyisihan, sepak takraw, olahraga panjat tebing, tenis untuk babak penyisihan, dan soft-tenis untuk babak penyisihan.

"Saya rasa saat ini yang menjadi catatan dalam pertemuan itu ada cabang jet ski, paralayang, bridge, dan sepatu roda," kata Erick tentang cabang-cabang olahraga pilihan yang akan diusulkan Indonesia kepada OCA.

Erick menambahkan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menentukan cabang olahraga pilihan Indonesia untuk diusulkan ke OCA.

"Itu domain Satlak Prima dan Kemenpora. KOI hanya bertugas untuk membuka kerja sama dengan luar negeri," ujar Erick.