Pemkot Lubuklinggau dapat bantuan perbaikan infrastruktur

id pemkot, pemkot lubuklinggau

Pemkot Lubuklinggau dapat bantuan perbaikan infrastruktur

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau, mendapat bantuan perbaikan infrastruktur dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebesar Rp20 miliar sekaligus mensinergikan 14 arah kebijakan 2016.

Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar, Minggu mengatakan ke 14 arah kebijakan provinsi itu untuk seluruh kabupaten/kota di wilayah Sumsel.

Ia mengatakan bantuan sebesar Rp20 miliar dari Pemprov Sumsel itu lebih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur yang mengacu kepada rencana kebijakan provinsi ke depan sesuai keuangan yang ada.

Sebelumnya Kota Lubuklinggau mendapatkan bantuan dari Pemprof Sumsel sebesar Rp50 miliar dan tahun ini hanya mendapatkan Rp20 miliar karena daerah itu dianggap mulai berkembang.

Arah kebijakan pemprov yang akan dilakukan itu adalah ketertiban,keamanan, kualitas pelayanan publik, penanggulangan kemiskinan, usaha mikro kecil menengah dan koperasi, pendidikan dan kesehatan berstandar nasional dan Asean.

Selanjutnya nilai tambah dan perdagangan komoditas unggulan yang akan kerjasama riset unggulan berstandar nasional dan Asean (MEA) dan sektor pariwisata berstandar nasional.

Kemudian produktivitas dan nilai tambah sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, disamping infrastruktur pendukung pengembangan pertanian diharapkan partisipasi masyarakat serta kerjasama dan kemitraan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutia.

Untuk kawasan/klaster industri sebagai simpul industri pengolahan, berkembangnya kawasan ekonomi dan kawasan pariwisata infrastruktur strategis pendukung KEK, kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asean Games 2018, ujarnya.

Kabid PEP Bappeda Provinsi Sumsel Adi Marta Diwira mengatakan Kota Lubuklinggau sudah dinyatakan kota mulai maju dan arahnya sebagai Kota Jasa dan Industri.

Dari berbagai infrastruktur lebih diprioritaskan pada pengembangan Rumah Sakit Siti Aisyah, jalan Lingkar Selatan dan sebagainya.

Kota Lubuklinggau juga telah membangun industri pariwisata dan siap mendukung Asean Games daerah itu juga masuk peringkat ketiga daerah yang paling sedikit jumlah penduduk miskin di Sumsel.

Pemprov Sumsel mencatat, Pemerintah Kota Lubuklinggau salah satu daerah telah berhasil mengentaskan kemiskinan dan masyarakatnya mulai menju ke tingakt menengah ke atas, baik dari sektor pendidikan dan ekonomi, ujarnya.