Polres gelar pelatihan deteksi dini konflik sosial

id Polres, Polres Muaraenim

Polres gelar pelatihan deteksi dini konflik sosial

Polres Muaraenim (FOTO ANTARA)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Polres Muaraenim Sumatera Selatan menggelar pelatihan peningkatkan kemampuan deteksi dini dalam penanganan konflik sosial di jajaran Polres setempat.

Pelatihan diikuti oleh 50 anggota Bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) dari jajaran Polres dan Polsek se Kabupaten Muaraenim, Kamis.

Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta memiliki kemampuan mendeteksi dini dalam penanganan konflik sosial.

Kapolres di dampingi Kasubag Humas, Iptu Arsyad menegaskan bahwa anggota Babinkamtibmas merupakan ujung tombak terdepan dalam pelayanan Polri terhadap masyarakat.

"Semua satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) harus pintar dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta memiliki kemampuan untuk deteksi dini dalam penanganan konflik sosial, kata AKBP Nuryanto.

Menurut dia, kewajiban anggota Polri kemampuan mendeteksi dini dalam penanganan konflik sangat diperlukan untuk melakukan antisipasi terhadap semua permasalahan yang akan timbul di lingkungan masyarakat agar tidak berkembang menjadi permasalahan kamtibmas.

Ia berharap, satuan Binmas Polri senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak segan dan ragu untuk menyampaikan informasi kepada pihak polisi.