Dirut BPJS raih gelar profesor dari Unsri

id bpjs, bpjs kesehatan

Dirut BPJS raih gelar profesor dari Unsri

BPJS Kesehatan (Foto Antarasumsel.com/16/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksana tugas Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan, Fachmi Idris berhasil meraih gelar profesor di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

Gelar profesor itu dianugerahkan melalui rapat senat khusus terbuka Universitas Sriwijaya (Unsri) di kampus Unsri Bukit Palembang, Rabu.

Fachmi Idris dikukuhkaan menjadi guru besar melalui judul karya ilmiahnya Bejana Berhubungan Permasalahan Kesehatan Nasional di Era Jaminan Kesehatan Nasional "Rekanalisasi" Penyelesaian Berdasarkan Pendekatan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas melalui Model Publik Privat Miks dan Model `Public to Public` di dalam Sistem Pelayanan Kesehatan.

Melalui Karya Ilmiah ini diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi masukan dalam permasalahan kesehatan di era Jaminan Kesehatan Nasional, ungkap pria kelahiran Palembang 48 tahun lalu ini saat membacakan karya ilmiahnya di hadapan senat terbuka.

Dalam karya ilmiahnya, terdapat gagasan penting yang beliau sampaikan terkait dengan kondisi kesehatan di Indonesia. Menyorot bagaimana kinerja pelayanan kesehatan di tingkat dasar akan meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat secara lebih meluas.

Pria yang pernah menjadi Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) termuda ini, menggagas Pemanfaatan Model Publik Privat Miks dan Model Public to Public melalui model kemitraan.

Model kemitraan dimaksud adalah model kemitraan yang memadukan prinsip pelayanan kedokteran (UKP) dengan prinsip pelayanan kesehatan masyarakat (UKM).

Sistem pelayanan kesehatan "publik privat miks" yang tidak hanya ditujukan pada perbaikan kualitas pengobatan (improving the quality of curative treatment), namun ditujukan pula pada upaya pelayanan yang bersifat preventif (expanding provision of preventive health care service).

Apabila kedua tujuan ini dapat disinergikan maka akan terbentuk satu sistem pelayanan kesehatan, yang menerapkan prinsip-prinsip paradigma sehat, sebagai bagian dari strategi pembangunan berwawasan kesehatan, untuk mencapai Indonesia yang lebih sehat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, pejabat dan ikatan alumi kedokteran Unsri.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat kepada beliau. Gagasannya dalam orasi ilmiah itu sangat sesuai dengan program pembangunan dan bisa jadi bahan penelitian lainnya.

Mengingat nilai kesejahteraan menjadi visi misi Provinsi Sumsel,"ucap Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat memberikan sambutan di kesempatan tersebut.