Pemkab Penukal Abab segera bangun RSUD

id rsud, pembangunan rsud

Pemkab Penukal Abab segera bangun RSUD

Salah satu contoh RSUD Pratama tipe C yang dibangun di Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim.(Foto: antarasumsel.com/ Banu/16)

Penukal Abab, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan segera membangun rumah sakit tipe C di lokasi tanah Pemkab Pali di Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talang Ubi, dr Charlie Esa Kenedy di Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Selasa menjelaskan rencan pembangunan rumah sakit tipe C tersebut akan didirikan di atas tanah seluas lima hektare.

"Untuk lahan pembangunan rumah sakit adalah hibah dan telah disampaikan ke Kementerian Kesehatan, berdasarkan surat keterangan hibah tanah No 590/296/1-Setda/2015. Saat ini kita masih menunggu keputusan dan tindak lanjut dari Menkes "kata dr Charlie .

Dikemukkannya, pembangunan rumah sakit ini rencananya memiliki 100-200 tempat tidur, atau kapasitasnya lebih besar dari RSUD Bhayangkara yang hanya memiliki kapasitas 70 tempat tidur.

Selain itu, kata Charlie, rumah sakit ini minimal didukung dengan delapan orang dokter sepesialis dasar, perbedaanya dengan rumah sakit tipe D hanya memiliki tenaga 4 orang dokter sepesialis dasar.

Ia berharap, pemerintah pusat segera menganggarkan guna pembangunan rumah sakit baru tipe C ini sekaligus melengkapi fasilitas dan infrastruktur penunjang.

"Kondisi saat ini keberadaan RSUD Talang Ubi dan RSUD Bhayangkara sudah tidak memungkinkan lagi untuk dibangun atau dikembangkan, karena berada di kawasan pemukiman padat penduduk. Selain itu rumah sakit tersebut sering kekurangan ruangan dan tempat tidur untuk pasien,"ungkapnya.

Pembangunan rumah sakit itu diharapkan pada awal tahun 2016 bisa terealisasi, katanya.