Polres antisipasi gugatan Pilkada jelang putusan MK

id polres, polres oku

Polres antisipasi gugatan Pilkada jelang putusan MK

Polres OKU (Foto antarasumsel.com)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan melakukan siaga I antisipasi gugatan hasil Pilkada 9 Desember 2015 menjelang putusan Mahkamah Konstitusi.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Dover C usai memimpin apel siaga menanti keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar di halaman gedung DPRD OKU di Baturaja, Senin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi dengan siaga I.

Menurut dia, menjelang putusan MK atas gugatan Perselisihan Hasil Pilkada pasangan calon Nomor Urut 1, Hj Percha Leanpuri-HM Nasir Agun, Polres Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan antisipasi.

Hal tersebut merupakan kegiatan dalam rangka antisipasi pengumuman putusan sela MK mengenai gugatan dari salah satu pasangan calon bupati OKU yang disidangkan hari ini, katanya.

Sementara, untuk kesiapan personel sengaja diapelkan di sini agar bisa terlihat bahwa Polres siap mengamankan apapun keputusan MK," ungkap AKBP Dover di dampingi Kabag Ops, Kompol MP Nasution.

Dalam mengantisipasi jelang dan pasca keputusan MK ini, polres setempat menyiagakan 2/3 kekuatan personel, baik dari anggota Polres sendiri termasuk satu peleton PHH dari Brimob Belitang.

"Apel ini gabungan seluruh anggota Polri. Khusus yang di Polres kita siapkan 2/3 kekuatan (sekitar 200 personel) ditambah satu pleton PHH Brimob. Mereka tidak pulang ke satuannya, tetap siaga di sini," kata Kapolres.

Ada beberapa titik lokasi yang menjadi fokus pengamanan jajaran Polres termasuk Kantor KPU, Sekretariat Panwas dan Gedung DPRD. Kemudian beberapa titik lokasi yang disinyalir ada pergerakan, juga dimonitor personel kepolisian, baik yang berseragam maupun berpakaian sipil.

Ia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan masing-masing pasangan calon bupati peserta Pilkada OKU 9 Desember lalu, dimana mereka pun berjanji akan menerima apapun keputusan MK.

Sementara Pilkada OKU 9 Desember lalu diikuti dua pasangan calon bupati/wakil bupati yakni Kuryana Azis/Johan Anuwar dan pasangan Percha Leanpuri/Nasir Agun.