Musirawas wacanakan pembangunan stasiun kereta api

id pemkab musirawas, musirawas, stasiun kereta api, kereta api

Musirawas wacanakan pembangunan stasiun kereta api

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mewacanakan pembangunan stasiun kereta api untuk jalur Musirawas-Musi Banyuasin-Kota Palembang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musirawas Ari Narsa di Musirawas, Jumat, mengatakan wacana itu sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu, namun realisasinya perlu dukungan semua pihak termasuk DPRD.

Ia mengatakan transportasi kereta api itu sudah berkembang di tingkat perkotaan, namun berpeluang untuk dibangun di Kabupaten Musirawas sebagai transportasi murah bagi masyarakat.

Saat ini stasiun kereta api baru ada di Kota Lubuklinggau yang juga berkas ibu kota Kabupaten Musirawas, namun setelah ada perkembangan wilayah dan penduduk, perlu dibangun stasiun baru di Musirawas.

Selama ini jalur transportasi Musirawas-Musi Banyuasin hanya menggunakan kendaraan roda empat (travel) sedangkan pertumbuhan penduduk terus meningkat dan diperlukan transportasi lebih murah dan nyaman.

"Kami masih minta dukungan dari DPRD, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar rencana itu bisa terwujud karena akan memakan biaya cukup besar," ujarnya.

Stasiun kereta api di Musirawas itu sudah dicadangkan lahan pada wilayah perkantoran kawasan Agro Politan, Muara Beliti, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat sekitarnya terutama para pengusaha tambak ikan dan beras untuk dijual ke Kota Palembang.

Ketua DPRD Musirawas Yudi Pratama sangat mendukung program tersebut untuk meningkatkan transportasi bagi masyarakat dalam wilayah Musirawas dan kabupaten Musirawas utara.

Ia mengatakan pengembangan pembangunan transportasi kereta api itu perlu ditambah untuk menciptakan transportasi di amsyarakat sekaligus bisa menambah pereonomian warga setempat.

Transportasi di Kota Lubuklinggau sejak zaman kolonial Belanda tidak ada pengembangan karena lahannya sudah terbatas, salah satunya dibangun stassiun baru di Kabupaten Musirawas.

Ia mengakui keberada stasiun kereta api di Kota Lubuklinggau sudah banyak kemajuan terutama dari sisi pelayanan dan sumber manusianya, namun untuk dikembangkan sangat sulit.

Kalau bisa dibuat stasiun lagi di kawasan Agro Politan, Muara Beliti, Musirawas akan lebih baik masyarakat tak perlu jauh-jauh ke Kota Lubuklinggau, tapi cukup di Musirawas sudah bisa menikmati kereta api.

Untuk mewujudkan rencana itu perlu dukungan dari pemerintah pusat karena anggarannya ada di pusat dan Pemerintah Kabupaten Musirawas hanya menyediakan lahan untuk membangun stasiun dan jalur rel menuju Kabupaten Musi Banyuasin tersebut.

"Kami akan mendukung program pengembangan jalur kereta api di wilayah itu karena merupakan prestasi dari pemerintah Provinsi Sumatera Selatan," ujarnya.