Minat masyarakat Sumsel terhadap seni teater tinggi

id teater, seni teater

Minat masyarakat Sumsel terhadap seni teater tinggi

Para remaja Palembang mementaskan seni teater (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Minat dan bakat masyarakat Kota Palembang Sumatera Selatan terhadap seni teater yang sarat dengan dialog dan olah tubuh sangat tinggi, khususnya di kalangan remaja, kata Ketua Dewan Kesenian setempat, Vebri Al Lintani.

Bahkan setiap minggu Dewan Kesenian setempat memfasilitasi para remaja untuk tampil mementaskan drama teater yang mereka buat ke tengah masyarakat, kata Ketua Dewan Kesenian Palembang, Vebri Al Lintani, Kamis.

Menurut dia, banyaknya pesan moral yang tersirat di setiap pementasan teater menuntut para pemeran mempunyai kemampuan untuk menggambarkan dan menampilkan sosok tengah diperankan, sehingga mampu membawa para penonton larut di dalamnya.

Mungkin hal demikian yang membuat sejumlah pelajar di Kota Palembang terus giat menekuni dan menyukai dunia teater dalam mengasah kemampuan mereka melalui seni peran, katanya.

Ia menilai, meskipun terbilang kelompok teater sekolah sejumlah pelajar ini berteater secara mandiri mulai dari membuat naskah cerita sampai mensutradarai sendiri mereka pentaskan.

Ternyata, kata dia, perkembangan pesat ini disambut baik oleh pihak Dewan Kesenian Palembang dengan memfasilitasi para pelajar untuk tampil mementaskan drama yang mereka buat.

Para pelajar ini setiap minggunya secara bergiliran memperlihatkan kepiawaian berseni peran di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin Palembang.

"Kami telah berusaha mengagendakan pentas-pentas seni teater di Sekretariat Dewan Kesenian Palembang secara rutin untuk memberikan kesempatan kepada kalangan pelajar termasuk mahasiswa, dan mereka inilah nantinya yang akan memegang estapet sebagai generasi teater mendatang," kata Vebri Al Lintani.

Sementara, menurut Nandia Andini Putri, salah seorang peserta pelajar bahwa manfaat teater yang pastinya dapat membawa ke arah lebih baik, serta bisa belajar seni dan peran termasuk mendalami seni lainnya seperti baca puisi serta banyak hal menarik di sini.

"Kita ingin menunjukan ke teman-teman lain bahwa teater itu adalah tempat yang bisa menyalurkan semua bakat kita miliki," kata Ahmad Yordan Perdana, pelajar lainnya menambahkan.

Sementara, Vebri Al Lintani berharap, makin banyaknya anak muda dan pelajar mulai meminati seni teater nantinya akan lebih berkembang dan kaya akan inovasi yang dicetuskan para generasi muda tersebut.

Ia menambahkan, di atas panggung sederhana inilah mereka dilatih dan dibina oleh Dewan Kesenian setempat agar dapat mengembangkan segala potensi dimiliki melalui pementasan yang diekspresikan setiap minggunya.